15 Juni BPKP Bahas Pengawasan Penanganan Covid-19

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bakal menggelar Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern secara virtual yang akan diselenggarakan pada 15 Juni mendatang. Rakor ini bakal membahas tentang pengawasan terhadap penanganan penyebaran virus corona atau Covid 19. "Di tengah keterbatasan di masa pandemi, urgensi sinergi pengawasan menjadi semakin kuat agar efektivitas dan efisiensi sumber daya pengawasan dapat terwujud dan pengawasan dapat dilakukan dengan lebih baik," ujar Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh melalui keterangan tertulis, Kamis (11/6/2020).

Menurut Ateh, langkah kebijakan penanganan Covid 19 sangat penting untuk dikawal. Langkah ini dilakukan agar penanganan Covid 19 berjalan cepat, tepat sasaran, dan akuntabel. "Penanganan dampak COVID 19 ini harus dilakukan secara bersama sama dan saling berkolaborasi, tidak bisa sendiri sendiri karena ini merupakan pertaruhan yang besar," tutur Yusuf. Menurutnya, sinergi dan kolaborasi juga harus dibangun antara APIP, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Aparat Penegak Hukum (APH), mencakup Komisi Pemberantasan Korupsi, Kejaksaan Agung, dan Polri.

Kolaborasi ketiga pihak tersebut, menurut Ateh, akan membangun pengawalan akuntabilitas, efektivitas kegiatan, dan ketaatan pada perundangan. "Dengan adanya komitmen bersama untuk pendeteksian dini permasalahan serta perumusan solusi nyata atas permasalahan, akuntabilitas program penanganan Covid 19 dapat terjaga dan manfaatnya akan betul betul sampai kepada masyarakat," kata Ateh. Seperti diketahui, BPKP membuka saluran pengaduan secara khusus melalui akun Instagram dan Twitter @bpkpkawal, email [email protected], serta call center dan Whatsapp 0852 83 200 100.

Masyarakat dapat mengadukan penyimpangan terkait pengadaan barang dan jasa, termasuk program penanganan COVID 19, Jaring Pengaman Sosial, Program Pemulihan Ekonomi Nasional, Donasi Publik, serta Pelaksanaan Anggaran Negara dan Keuangan BUMN/D melalui saluran aduan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *