2.743 Pasangan Menikah Selama Mei di Tengah Pandemi Corona Kemenag

Kasubdit Mutu, Sarana Prasarana dan Sistem Informasi Kantor Urusan Agama (KUA) Kemenag Anwar Saadi memastikan pelayanan pendaftaran dan pencatatan pernikahan tetap berjalan selama pandemi corona ini. "Di saat Covid 19 ini layanan nikah tetap sesuai dengan koridor utamanya dalam surat edaran Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam nomor P 04. Itu mengatur sedemikian rupa bagaimana sistem pendaftarannya dan kapan bisa dilakukan layanan pencatatannya," ujar Anwar saat diskusi daring, Senin (11/5/2020). Pendaftaran pernikahan bisa dilakukan secara online. Pendaftar dapat mendaftar melalui laman simkah.kemenag.go.id.

Anwar mengungkapkan selama bulan Mei 2020, pasangan calon pengantin yang telah mendaftar mencapai 15.651. Sementara yang melangsungkan pernikahan telah mencapai dua ribu lebih. "Bulan Mei ini sampai 11 Mei ada 2.743 pasangan yang menikah, ini di bulan Ramadan," tutur Anwar. Pelayanan pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) selama masa pandemi Covid 19 sendiri harus mematuhi protokol kesehatan.

Berikut ini, tahapan yang dilakukan saat akan mendaftar layanan pencatatan nikah secara online: 1. Akses: simkah.kemenag.go.id 2. Klik daftar nikah 3. Pilih nikah di mana: a. Provinsi/Kab/Kota/Kecamatan b. Tanggal dan jam 4. Masukan data calon suami dan calon istri, 5. Checklis dokumen, 6. Masukan No HP, 7. Upload foto, 8. Cetak bukti pendaftaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *