September 20, 2021

Bedaya-re.com

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

5 Buah buahan yang disebutkan dalam Al Quran, Kaya Manfaat

Berbagai kitab suci telah menyebutkan berbagai bahan pangan yang bisa dimanfaatkan manusia untuk konsumsi maupun pengobatan. Misalnya saja madu dan buah-buahan.

Begitu juga Alquran, tuntutan hidup umat Islam. Sejumlah ayat menyebutkan beberapa jenis buah secara spesifik. Buah-buahan ini disarankan untuk dikonsumsi karena baik bagi manusia.

Nah, apa saja jenisnya? Berikut ini beberapa jenis buah yang disebutkan di dalam Alquran beserta khasiatnya menurut kajian ilmu pengetahuan modern.

1. Kurma

Buah yang paling dikenal oleh umat Islam barangkali adalah kurma. Buah yang tumbuh dari sejenis palem ini termasuk salah satu yang paling banyak disebut di dalam Alquran. Beberapa surat di mana nama buah ini bisa ditemukan adalah Surat Maryam, Surah Al-Hasyr, Surah Al-Baqarah, dan Surah Qaaf. Selain itu, Rasulullah juga disebut kerap menyantapnya.

Dilansir Healthline, kurma kaya serat dan antioksidan. Terutama flavonoid, karotenoid, dan phenolic acid. Gunanya adalah menurunkan risiko penyakit jantung, alzheimer, hingga kanker.

Selain manfaat kesehatan, kurma juga memiliki khasiat kecantikan. Dilansir StyleCraze, kandungan vitamin A dan vitamin B5 di dalamnya sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut hingga usia senja.

2. Anggur

Buah anggur disebutkan hingga 14 kali di dalam Alquran. Salah satunya di Surah Al-Mu’minun. Dilansir Healthy Site, anggur dipenuhi oleh polifenol, flavonoid, dan quercetin yang bisa mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, meningkatkan kekebalan, membantu produksi insulin, serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Anggur mengandung banyak antioksidan yang dapat merangsang peremajaan sel kulit, menjadikan wajah awet muda dan sehat. Sementara minyak yang diekstrak dari bijinya baik untuk melembapkan tanpa menyumbat pori, menjadikan kulit kencang, hingga mencegah peradangan pada kulit.

Menurut Dr. Allan Izikson, ahli dermatologi dari New York Dermatology Group, Manhattan, minyak yang diekstrak dari biji anggur ini baik untuk kulit sensitif dan rawan alergi.

3. Zaitun

Zaitun, buah berwarna hijau gelap yang biasa diolah menjadi minyak nabati termasuk salah satu tumbuhan yang paling sering muncul dalam ayat Alquran. Beberapa yang menyebutkan buah ini adalah Surah An-Nuur, Surah Al-An’aam, Surah An-Nahl, Surah Al-Muminuun, dan Surah ‘Abasa.

Buah zaitun yang berwarna hitam saat sudah matang merupakan salah satu sumber vitamin E dan antioksidan terbaik. Menurut hasil penelitian, buah ini mengandung hydroxytyrosol yang berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung, oleonalic acid pelindung hati, dan quercetin yang bertugas menurunkan tekanan darah.

Zaitun juga kaya vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kullit dan rambut. Minyak ini populer digunakan dalam produk perawatan wajah, tubuh, hingga rambut. Khasiat utamanya adalah melembapkan dan menjaga kesehatan kulit.

4. Pisang

Buah pisang tersebut dalam firman Allah SWT yang tercantum di Surah Al-Waqiah. Buah ini dikenal sebagai sumber kalium yang sangat baik.

Pisang kaya antioksidan penting seperti dopamine dan catechin. Belum lagi kandungan magnesium dan kaliumnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pisang merupakan sumber vitamin B6 dan vitamin C yang sangat diperlukan untuk merawat kesehatan kulit. Daging buahnya yang cukup kaya air berkhasiat melembapkan. Pisang umum digunakan untuk campuran masker buat kulit kering atau rambut yang rusak.

5. Delima

Buah delima atau pomegranate disebutkan di dalam Surah Al-An’am 99 bersama kurma, zaitun, dan anggur. Buah ini tergolong jarang dikonsumsi karena cairan maupun daging buahnya hanya sedikit. Padahal kandungan nutrisinya sangat bagus untuk tubuh.

Delima memiliki antioksidan punicalagin yang kekuatannya tiga kali lipat melebihi anggur merah dan teh hijau. Bisa mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, kanker prostat, kanker payudara, arthritis, darah tinggi, disfungsi ereksi obesitas, dan Alzheimer.

Antioksidan di dalam buah delima paling banyak terdapat di bijinya. Minyak yang diekstrak dari bijinya memiliki khasiat sebagai berikut.

  • Mencegah kanker kulit
  • Menangkal pengaruh buruk sinar ultra violet
  • Mencegah pembentukan kerutan
  • Menangkal radikal bebas
  • Mencerahkan kulit
  • Mengatasi inflamasi
  • Membantu proses reparasi sel kulit
  • Melembapkan kulit
  • Membantu menyembuhkan luka
  • Memiliki khasiat antimikroba
  • Menenangkan kulit yang menderita eczema, psoriasis, dan terbakar matahari
  • Meningkatkan kekenyalan kulit
  • Mencegah penuaan dini
  • Meratakan warna kulit
  • Mencegah munculnya jaringan parut
  • Memperbaiki tekstur kulit

Itulah buah-buahan berkhasiat yang disebutkan di dalam Alquran beserta nilai gizinya menurut hasil penelitian. Untuk kesehatan, tak ada salahnya mengonsumsi buah-buahan ini secara teratur.

Sumber: International Journal of Pediatrics, Quran Tutor, IlmuAlquran.com, Healthline dan Merdeka.com