Badannya Kurus Kering VIRAL Kakak Adik Kelaparan di Muara Enim

Media sosial diramaikan dengan video dijumpainya dua warga di Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan dalam keadaan kelaparan. Dua warga tersebut dijumpai petugas Polisi dan TNI yang tengah membagikan bantuan terkait covid 19. Keduanya tinggal di sebuah rumah yang terlihat kotor.

Kondisi tubuh warga tersebut bisa dibilang mengenaskan. Badannya sangat kurus. Satu di antaranya tidur di sebuah ranjang.

Dikutip unggahan akun Instagram @sumselreceh, lokasi rumah tersebut berada di Kecamatan Gelumbang. Mereka disebut merupakan kakak adik. Keduanya tinggal di rumah yang amat kotor.

Informasi ini diketahui setelah Polisi dan TNI melakukan bakti sosial hingga ke pelosok desa di Kecamatan Gelumbang. Kondisi keduanya saat dijumpai dalam keadaan kelaparan. "Pak bawa nasi?" kata salah satunya saat polisi dan TNI datang bersama rombongan membagikan sembako.

Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syaputra membenarkan kejadian tersebut. Pembagian dilakukan pada Selasa (21/4/2020). Rumah warga tersebut berada di Desa Lumbay, Kecamatan Gelumbang.

Donni menyebut kedua warga tersebut bersaudara dan sudah tidak memiliki orangtua. Donni menyebut keduanya mengalami keterbatasan mental. "Sang kakak dalam keadaan sakit," ujar Donni.

Donni menyebut di rumah tersebut tinggal tiga bersaudara. "Namun sang kakak sedang tidak di rumah, ia pengangguran." ungkapnya. Donni menyebut, keluarga tersebut sudah mendapat perhatian dari pemerintah maupun tetangga.

"Yang menyukupi kebutuhan sehari hari tetangga dan juga adik bungsu mereka yang sudah diangkat anak oleh warga desa sebelah," ujarnya. Keluarga tersebut setiap hari diberi nasi oleh tetangga atau keluarga. "Jadi ketika pertama kali petugas datang yang ditanyakan nasi," ujarnya.

Selain itu, warga tersebut juga sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah. "Rumahnya sudah dapat program bedah rumah Kementerian PUPR," ujar Donni. "Mereka juga sudah mendapat terdaftar PKH (Program Keluarga Harapan) dan kartu jaminan sosial," kata Donni.

Donni menyebut, keduanya sudah dibawa ke RS Gelumbang, Rabu (22/4/2020) pagi. "Tadi pagi diantar Kapolsek, Danramil, dan pihak Puskesmas," ujarnya. Donni mengungkapkan pihaknya belum mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kondisi kesehatan kedua warga tersebut.

Dikarenakan keterbatasan RS Gelumbang, keduanya disebut Donni akan dirujuk ke RS Kabupaten. "Sore ini akan dirujuk ke RSUD Muara Enim," ungkap Donni. Lebih lanjut, Donni menegaskan informasi yang menyebut kedua warga itu sudah tidak makan dua hari adalah berita tidak benar.

"Tidak benar kalau ada yang menyebut dua hari tidak makan, mereka setiap hari mendapat bantuan tetangga dan keluarga," ungkap Donni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *