July 3, 2022

Bedaya-re.com

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Cara Mendasar untuk Belajar Investasi

Setiap orang mendambakan kehidupan yang aman dan sejahtera. Bagaimana caranya? Salah satunya melalui investasi. Namun, masih banyak dari kita yang tidak mengetahui dasar-dasar belajar berinvestasi dari awal, sehingga sulit untuk memulainya.

Apa itu Investasi?

Artikel terbaru ini akan berbagi tentang cara mendasar untuk Belajar Investasi. Investasi adalah strategi paling terbaik untuk meningkatkan pendapatan dengan cara menyimpan dana untuk jangka waktu tertentu. Sedangkan menurut para ahli, investasi adalah penanaman modal dalam jangka waktu tertentu untuk memperoleh harta atau membeli saham atau surat berharga lainnya.

Karena mereka berpikir bahwa berinvestasi akan menghasilkan uang tanpa usaha keras meskipun mereka sedang tidur. Hal ini dapat diartikan bahwa investor atau orang yang berinvestasi hanya perlu berinvestasi dan menunggu uang meningkat dari pengembalian investasi.

Cara Belajar Investasi untuk Pemula

Bagi setiap orang yang tertarik untuk memulai berinvestasi namun ragu karena masih pemula dan harus belajar berinvestasi dari awal, maka tenang saja dan tidak perlu khawatir, berikut kami rangkum beberapa tips cara belajar berinvestasi untuk pemula agar investasi berhasil tidak berakhir sia-sia.

Pahami Pengetahuan Dasar Investasi

Cara belajar investasi yang pertama adalah dengan memahami pengetahuan dasar tentang investasi, mulai dari jenisnya, tujuan investasinya, risikonya, dan lain-lain. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui investasi apa yang paling sesuai dengan karakter dan harapan Anda sebagai investor.

Pahami Risiko Investasi

Setiap jenis dan produk investasi tentunya memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda, mulai dari risiko rendah, sedang, hingga tinggi. Setelah Anda memahami tingkat risiko, Anda dapat menyesuaikannya dengan ekspektasi keuntungan di masa mendatang. Jika Anda belum siap untuk berinvestasi dengan modal yang banyak, maka Anda bisa mulai berinvestasi pada produk yang berisiko rendah.

Bagaimana Cara Mendasar untuk Belajar Investasi?

Jangan Ragu untuk Memulai Sedini Mungkin

Waktu adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi investasi, jadi jangan ragu untuk mulai berinvestasi sedini mungkin. Karena semakin dini Anda dapat merencanakan dan mulai berinvestasi, semakin cepat kemungkinan Anda akan mencapai tujuan Anda di masa depan.

Buatlah Tujuan Investasi yang Baik

Sama seperti menabung, memiliki tujuan yang jelas dalam belajar berinvestasi akan memotivasi Anda untuk tetap berinvestasi secara konsisten. Oleh karena itu, tentukan tujuan investasi tertentu, seperti tabungan pendidikan, tabungan hari tua, membeli rumah, liburan, dan sebagainya.

Tentukan Target dan Jangka Waktu Sesuai Kebutuhan

Cara belajar investasi selanjutnya adalah dengan menentukan target dan jangka waktu yang sesuai kebutuhan. Perlu diingat bahwa waktu merupakan faktor penting, semakin pendek jangka waktu investasi maka semakin besar nominal yang harus dikeluarkan untuk memperoleh keuntungan.

Simpan Dana Secara Konsisten untuk Investasi

Salah satu hal terpenting agar konsisten mengalokasikan uang untuk investasi adalah memastikan uang tersebut tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari atau dana darurat Anda. Karena setiap investasi tidak akan selalu menguntungkan dan memiliki resiko tersendiri.

Oleh karena itu, alokasikan dana senyaman mungkin sesuai dengan pendapatan, pengetahuan, dan strategi investasi Anda untuk membentuk kebiasaan yang konsisten. Umumnya, persentase alokasi dana investasi yang ideal bisa 10%-30% dari total pendapatan bulanan.

Gunakan Uang Pribadi dalam Berinvestasi

Pastikan dana investasi adalah uang ‘dingin’ dan tidak mengganggu kebutuhan lain. Karena itu, berinvestasilah menggunakan uang pribadi yang bersedia Anda terima risikonya. Hindari berinvestasi menggunakan uang yang berasal dari sumber lain seperti pinjaman, karena jika misalnya Anda tidak mendapatkan keuntungan, Anda tidak akan menjadi tumpukan hutang di kemudian hari.

Mulailah dengan Nominal Kecil dan Diversifikasi

Cara belajar investasi untuk pemula selanjutnya adalah memulai dengan nominal kecil dan diversifikasi. Anda dapat melakukan diversifikasi ini secara bertahap juga, karena tentu saja Anda tetap membutuhkan pemahaman tentang setiap instrumen yang Anda pilih untuk berinvestasi.

Diversifikasi penting untuk meminimalkan risiko kehilangan uang karena Anda hanya berinvestasi pada satu produk. Selain itu, Anda dapat menetapkan tujuan yang berbeda untuk setiap instrumen investasi.

 

Itulah ulasan tentang cara mendasar untuk Belajar Investasi. Bagi anda yang masih ragu untuk memilih tempat investasi, P2P Lending Indonesia bisa jadi pilihan tepat untuk berinvestasi karena dijamin aman dan keuntungan pertahunnya cukup besar. Kunjungi halaman akseleran untuk mendapatkan informasi lengkap tentang p2p lending. Semoga Bermanfaat