Donor Darah Dibutuhkan dalam Damai & Perang Jusuf Kalla di Mabes TNI

Ketika menghadiri acara Donor Darah dan Pembagian Paket Sembako dalam rangka HUT Ke 75 TNI, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Muhammad Jusuf Kalla (JK) menyampaikan pentingnya donor darah bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mengingat belum ada ilmuwan atau lembaga apapun yang bisa menciptakan darah, maka donor darah dibutuhkan setiap saat baik dalam masa damai maupun perang. "Karena itu apabila ada masalah donor darah, kekurangan darah itu hanyalah dari orang ke orang, dan donor darah dibutuhkan dalam setiap saat, dalam damai dan perang," kata JK dalam sambutannya di GOR A Yani Mabes TNI Cilangkap pada Selasa (22/9/2020).

Berdasarkan teori, kata JK, Indonesia yang memiliki 270 juta penduduk harus menyiapkan dua persen dari jumlah penduduk. Terlebih dalam situasi pandemi Covid 19 ketika masyarakat tidak boleh keluar rumah, serta kekhawatiran akan penularan maka persediaan donor darah langsung menurun 50 persen. Setelah TNI dan Polri turut serta dalam upaya meningkatkan katersedian kantung darah, menurut JK kini ketersedian darah telah mencapai 80 persen.

JK berharap hal itu terus dikelola sedemikian rupa, sehingga persediaan kantong darah dapat digunakan untuk masyarakat kapan pun dibutuhkan terlebih dalam masa pandemi di mana banyak penyakit yang menyertai. "Jadi upaya kita sekali lagi bagaimana meningkatkan donor darah sehingga mencapai 80 persen dari 50 persen, kita masih ingin meningkatkan lagi sampai 95 persen sehingga upaya tersebut dapat memenuhi kebutuhan di manapun di indonesia ini. Itulah harapan kami," kata JK. Dalam sambutannya JK juga memuji upaya TNI dalam memberikan sembako kepada masyarakat di tengah situasi pandemi Covid 19.

Menurutnya bantuan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat yang kerja di luar rumah ataupun malah tidak bekerja sama sekali karena terkena PHK. "Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Panglima yang telah melaksanakan dua hal ini yaitu pembagian sembako dan donor darah bersama sampai dengan HUT TNI 5 Oktober mendatang. Bersamaan ini pula saya ingin menyampaikan ucapan selamat atas hari ulang tahun TNI yang ke 75 pada 5 Oktober mendatang," tutur JK. Sebelumnya, dalam rangka menyambut HUT Ke 75 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2020, Markas Besar (Mabes) TNI menggelar acara donor darah 1.000 orang dan membagikan total sebanyak 10 ribu paket sembako kepada masyarakat dan di lingkungan satuan kerja TNI.

Dalam acara donor darah tersebut, Mabes TNI bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia. Sebanyak 1.000 peserta donor darah dalam kegiatan itu terdiri dari 500 prajurit TNI, 50 anggota Polri, 200 PNS, 10 Dharma Pertiwi, dan 240 komponen bangsa lainnya. Di hari yang sama, kegiatan donor darah isecara serentak juga dilaksanakan di 86 instansi TNI di seluruh Indonesia yang terpusat di Mabes TNI.

Sebelumnya sejak 4 sampai 21 September 2020 juga dilaksanakan donor darah dalam rangka HUT Ke 75 TNI di 100 kantor PMI yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain melaksanakan kegiatan donor darah, Mabes TNI juga memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang kurang mampu di wilayah Jabodetabek dengan mengerahkan 20 orang personel Babinsa, 20 personel Babinpotmar, dan 20 personel Babinpotdirga. Paket sembako juga dibagikan untuk masyarakat di wilayah satuan kerja TNI antara lain Kogartap I/Jakarta, Kogartap II/Bandung, Kogartap III/Surabaya dan Kogabwilhan II di Kalimantan Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *