Gegana Sat Brimob Polda Sumut Ledakan Granat yang Diduga Peninggalan Perang Dunia ke-2

Warga Perumnas ASABRI, di Desa Air Hitam, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat dihebohkan dengan penemuan granat. Orang yang pertamakali menemukan, warga bernama Pangeran Dayatullah (34). Ia menemukan bom militer yang diduga peninggalan perang dunia ke II.

Informasi yang didapat, penemuan yang tidak wajar tersebut pun terjadi saat Pangeran membersihkan belakang rumah di Blok I. Saat memindahkan tanaman temulawak ditemukan benda yang diduga jenis granat manggis. Ia kemudian memindahkan benda tersebut ke dalam rumah.

Kemudian saksi melapor ke Polsek Gebang dan atas petunjuk personel Polsek Gebang. Benda tersebut yang diduga granat Manggis diletakkan kembali di pohon pisang. Tak lama, pihak Polsek menghubungi Unit Jibom Detasemen Sat Brimob Polda Sumut.

Unit Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut kemudian mengamankan serta disposal bom militer temuan warga Kecamatan Gebang di Lapangan Martabe, Minggu(13/9/2020). "Benar, ada ditemukan bom jenis Granat Manggis oleh warga pada saat sedang memindahkan tanaman temulawak," kata Kanit Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut, Iptu Ronny Sarko. Setelah pihaknya menerima laporan, lanjut Ronny, Subden Jibom Brimob Polda Sumut kemudian turun ke lokasi untuk penanganan.

"Setelah kami berkoordinasi dengan Kapolsek Gebang AKP Ricson Sinaga. Maka dilakukan pendisposalan (musnahkan) bom temuan warga tersebut," katanya. Pada saat penemuan bom militer tersebut, Iptu Ronny Sarko mengatakan karena waktu dan juga tempat yang tidak memungkinkan. "Pendisposalan dilakukan hari Minggu di Martabe," katanya.

"Proses Disposal dilakukan dengan aman dan lancar dan untuk kondisi bom militer itu sendiri hasilnya hancur. Kita sudah mengecek kondisi bom yang didisposal, dan hasilnya hancur," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *