Hingga Selasa Malam Jaringan Telkomsel & Kualitas Akses Data Down di Sumbar

Kebakaran di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menyebabkan jaringan Telkomsel down di sejumlah daerah, termasuk di wilayah Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (11/8/2020). "Kejadian tersebut berdampak pada layanan panggilan suara dan SMS ( short message service) untuk sementara ini belum dapat digunakan," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin melalui keterangan tertulis, Selasa. Menurutnya, kebakaran tersebut juga berpengaruh pada penurunan kualitas akses data di sejumlah wilayah di Sumatera.

Saat ini tim teknis Telkomsel masih berupaya maksimal untuk memulihkan layanan secara keseluruhan agar dapat berjalan normal kembali. "Kami akan sampaikan informasi lebih lanjut secara berkala untuk perkembangan proses pemulihan layanan tersebut," tambahnya. Pihak Telkomsel juga menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas gangguan dan ketidaknyamanan yang terjadi.

"Terima kasih atas kepercayaan pelanggan untuk tetap menggunakan layanan Telkomsel," tambahnya Alhasil, sebagian konsumen mengeluhkan kondisi tersebut, lantaran ada yang tidak dapat beraktivitas karena tergantung layanan dari provider tersebut. Warga Padang Dina (23) mengatakan jaringan tekomsel hilang Selasa sekitar pukul 15.00, sehingga membuatnya tidak bisa berkomunikasi.

"Tadinya, saya sedang jualan online, di story, pas sudah mau ngirim ditunda, langsung jaringannya hilang," kata Dina. Dina mengatakan dirinya mengira awalnya paket internetan yang habis. Namun setelah mencoba menelpon, ternyata dirinya juga tidak bisa melakukan proses berkomunikasi.

Dina keluhkan dirinya juga tidak bisa menghubungi temannya, padahal mereka sudah janjian untuk bertemu. Senada, Mahasiswa UNP Meliza mengatakan dirinya saat itu sedang mengikuti seminar hasil temannya melalui zoom. "Zoom ini keluar sendiri, tidak tahu kenapa. Awalnya kirain, karena laptop lagi masalah," ujarnya.

Meliza akhirnya merestart laptopnya, namun aplikasi zoom tidak bisa dibuka kembali. "Ada kawan sebelah yang nanya, jaringan telkomesel hilang ya, baru tau jaringan down," tambah Meliza.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *