Ini Panduannya Pilihan Waktu & Makanan yang Tepat Trik Agar Tak Lemas Saat Olahraga

Kesadaran masyarakat untuk hidup sehat di masa pandemi ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang mulai berolahraga. Di masa pandemi covid 19 ini banyak yang mulai aktif berolahraga seperti sepeda, lari keliling komplek, dan workout yang bisa dilakukan dari rumah. Sebelum mulai aktif berolahraga, Health and Nutrition Science di Nutrifood Research Center, Rendy Dijaya Muliadi mengingatkan untuk memperhatikan cadangan energi dan cairan tubuh.

Untuk cadangan energi dan cairan ini utamanya bisa didapatkan dari karbohidrat dan air mineral, dan sebaiknya hindari lemak berlebih Lemak berlebih akan susah dicerna oleh tubuh sehingga efeknya bisa membuat sakit perut dan membuat rasa tidak nyaman saat berolahraga. "Karbohidrat itu mengisi cadangan tenaga dalam bentuk glikogen yaitu sumber energi utama, dan makanan tinggi lemak sebaijnya dihindari karena gak mudah dicerna tubuh," ucap Rendy saat live bersama Nutrifood, Selasa (23/6/2020).

Makan yang terlalu mepet dengan waktu berolahraga juga bisa membuat rasa tidak nyaman saat olahraga. Makan disarankan minimal satu jam berolahraga dan perhatikan pilihan makanannya. Rendy membagikan tips kalau makan kurang dari satu jam sebelum berolahraga bisa pilih konsumsi sport drink atau sport bar yang biasanya sudah mengandung cairan elektrolit dan karbohidrat.

Kemudian kalau makannya satu sampai dua jam sebelum berolahraga bisa pilih makanan ringan seperti buah, yoghurt, smothies, atau oatmeal dengan buah. Terakhir itu kalau makannya dua sampai empat jam sebelum berolahraga boleh makan berat seperti karbohidrat kompleks roti, nasi, atau ayam bagian dada. "Dua sampai empat jam sebelum olahraga masih bisa makan makanan lengkap seperti sandwich atau nasi merah, dada ayam, sayur. Ingat disarankan cari yang rendah lemak," kata Rendy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *