Ini Saatnya Persib Bandung Menjuarai Lagi Liga Indonesia yang Kini Bertajuk Liga 1

KabarPersibBandungdi akhir pekan ini, khususnya Sabtu (29/8/2020) kemarin, yang ramai dibaca adalah terkait mengakhirikutukan. Konon, Persib disebut sebagai tim yang seperti punyakutukansulit juara dalam sistem kompetisi penuh, tapi sang pelatih percaya diri untuk bisa membawa hasil maksimal diLiga12020ini. Kemudian pecinta Persib, atau bobotoh juga banyak yang penasaran mengenaikalahnya tim intiPersibBandungsaat gelar latihan gim internal, serta kondisi duapemainyangcedera.

Nah, mengenai beban Persib hilangan kutukan sulit juara dalam format kompetisi penuh, dalam pembritaan kemarin disebutkan, ketika Persib Bandung menang di kandang Arema FC lalu disusul kemenangan diSi Jalak Harupat saat menjamu PSS Sleman, optimisme bobotoh langsung melambung. Ini saatnyaPersibBandungmenjuarai lagi Liga Indonesia yang kini bertajuk Liga 1. Setiap musim, Persib memang selalu digadang gadang sebagai calon juara.

Namun di Liga 1 musim ini status calon juara itu tampak nyata. Maung Bandung tampil denganperforma impresif pada awal musim dengan meraih kemenangan dalam tiga laga yang dilakoni. Tiga poin masing masing didapatkan Persib atas Persela Lamongan (3 0), Arema FC (2 1), dan PSS Sleman (2 1).

Melalui hasil tersebut, Persib pun menduduki puncak klasemen sementaraLiga12020dengan sembilan poin. Persib tentu memiliki kans untuk menjadi juara dalam kompetisi musim ini. Namun, ada banyak rintangan yang harus dilewati. Selain menjaga konsistensi performa hingga akhir musim, Maung Bandung juga harus bisa mengentaskan "kutukan" sulit juara dalam format kompetisi penuh.

Persib memang sudah dua kali meraih gelar juara Liga Indonesia. Prestasi tersebut diraih pada musim 1994 1995 dan 2014. Akan tetapi, dua gelar juara itu diraih Persib dengan kompetisi berformat dua wilayah.

Gelar juara ditentukan melalui satu partai final. Pelatih Persib, Robert Alberts, enggan terlalu memikirkan apa yang terjadi dengan Persib pada masa lalu. Alberts menegaskan, iahanya fokus dengan apa terjadi saat ini dan masa yang akan datang.

"Saya tidak tertarik untuk bicara soal masa lalu. Itu bukan gaya saya. Tradisi di klub ini sudah saya sangat tahu dan ekspektasinya juga sangat tinggi," kata Robert Alberts kepada wartawan. "Hasilnya memang untuk saat ini belum sesuai dengan ekspektasi tersebut. Namun, saya pikir kami tidak perlu melihat ke belakang dan menatap ke depan dengan tim ini," ucapdia. Alberts memiliki optimisme tinggi Persib bisa meraih gelar juaraLiga12020.

Modalnya, Maung Bandung memiliki skuad dengan kualitas merata di setiap lini. Selain itu, tim juga menunjukkan kekompakan bagus, di dalam dan luar lapangan. Menurut Alberts, Persib hanya tinggal konsisten meraih hasil positif dalam lanjutan kompetisi musim ini.

Menurut dia, bila anak asuhnya konsisten, target juara bisa direngkuh. "Saya pikir jika kalian melihat situasi tim saat ini, skuat itu sendiri,pemainsaling mendukung satu sama lain," ucapmantan pelatih PSM Makassar itu. "Dengan tim ini, kami punya kemungkinan untuk menang lebih banyak ketika menghadapi tim top di Indonesia. Jika melanjutkan apa yang sudah kami mulai (sebelum Covid 19), kami bisa bertarung untuk menjadi juara," ujardia.

Ya, musim iniPersibBandungdihunipemainberkualitas di setiap lini. Di bawah mistar ada dua kiper yang berstatuspemaintimnas atau ekspemaintimnas. Ada Teja Paku Alam dan I Made Wirawan.

Lini belakang juga dihunipemainberkualitas. Ada Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus, Supardi Nasir, dan Fabiano Beltrame. Beralih ke tengah, terdapat nama Omid Nazari, Esteban Vizcarra, dan Febri Hariyadi.

Jangan lupakan Kim Jeffrey Kurniawan yang performanya tengah meningkat. Lalu ada juga Abdul Aziz dan Dedi Kusnandar. Di depan, ada duet maut yang sangat tajam.

Keduanya sudah menyumbang enam gol di tiga laga. Mereka adalah Wander Luiz dan Geoffrey Castillion.(Kompas.com) Persib Bandung menggelar gim internal atau training match di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu 29 Agustus 2020.

Tim Biru yang dihunipemaininti harus mengakui keunggulan Tim Abu abu dengan skor 2 5. Di laga ini Erwin Ramdani berhasil menciptakanbrace. Ia mencetakgol pembuka dan penutup untuk memastikan kemenanganTim Abu abu.

Sejak peluit pertama dibunyikan,kedua tim menyuguhkan permain ketat. Peluang pertama diciptakan Tim Biru pada menit ke 12. Tendangan bebas dilakukan VictrorIgbonefo, namun masih membentur pagar hidup parapemaintim abu abu. Satu peluang juga dimilki tim abu abu,tetapi masih membenturkaki Nick Kuipers.

Gol perdana baru tercipta pada menit ke 21 lewat kaki Erwin. Berawal dari kesalahan antisipasi Teja Paku Alam di luar kotak penalti, bola jatuh di kaki Erwin yang langsung menyambutnya dengansepakan keras. Bolameluncur deras ke gawang tanpa panjagaan. Unggul satu gol, Tim Abu abumeningkatan tekanan ke daerahpertahanan Tim Biruyang dikawal Igbonefo dan Nick.

Serangan demi seranganmembuat Teja kembali dibuat jatuh bangun. Namun hingga babak pertama usai, skor1 0 tidak berubah. Memasuki paruh kedua, Tim Biru tampil lebih agresif untuk mencetak gol balasan.

Sebuah peluang dimiliki Tim Biru lewat aksi Esteban Vizcarra di depan gawang, namun bola masih bisa diamankan Dhika Bayangkara. Usaha Tim Birubaru membuahkan hasil di menit ke 51. Febri Hariyadi membawa bola dari tengah lapangan yang diteruskan kepada Wander Luiz. Pemain asal Brasil ini menyambut umpan Febri dengan tendangan first timeyang gagal diantisipasiDhika. Skor berubah menjadi 1 1.

Setelah gol Wander Luiz, penampilan kedua tim berjalan lebuh berimbang. Tim Biru dan Abu abu silih bergantimelakukan serangan. Pada menit ke 62, Tim Biru membalikkan keadaan melalui aksiWander Luiz. Seperti halnya gol pertama, Febri kembali menjadi penyuplai bola untukgol kedua Tim Biru. Hanya saja, kali iniWander menyarangkan bola melalui sundulan kepala.

Keunggulan 2 1 Tim Biru tak bertahan lama. Selang 10 menit kemudian, Tim Abu abu menyamakan kedudukan lewat tendangan Fabiano melalui titik putih. Wasit memberikan hadiah penalti setelahIgbonefo melakukkan pelanggaran terhadap Beni Oktovianto. Dalam kedudukan imbang, Tim Biru yang dipimpin pelatih fisik Yaya Sunaryamelakukan pergantian. TigapemainU 20 yakniArdi Maulana, Saiful, dan Ravil Shandyka Putra diturunkan untuk merasakan game internal ini. Mereka menggantikan tigapemainsenior yaituWander Luiz, Omid Nazari dan Vizcarra.

Situasi itu mampu dimanfaatkan Tim Abu abu untuk kembali unggul. Pada menit ke 80, Beni mencetakgol untuk mengubah skor menjadi 3 2. Delapan menit kemudian,giliran Zalnando yang membuat skor menjadi 4 2 untuk keunggulan Tim Abu abu.

Menjelang laga usai, Erwinmencetak gol penutup memanfaatkan umpan dekat Beni, sekaligus memastikan kemenangan telak Tim Abu abu 5 2. Pelatih PersibRobert Alberts mengaku senang dengan permainan anak asuhnya dalam sesi training match di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu 29 Agustus 2020. Terlepas dari skor akhir laga, Robert melihat adanya sejumlah perbaikan yang ditunjukkan oleh timnya. Terutama perbaikan dari segi mentalitas saat bertanding.

“Banyak perbaikan dan peningkatan dalam hal mentalitas dan karakter,kalau dibandingkan dengan pekan lalu ketika kita juga memainkan pertandingan 90 menit,” kataRobert Alberts di laman resmi Persib. Mengenai kesiapan fisik Pangeran Biru, iamasih belum merasa puas. Ia menilai tim masih harus bekerja lebih keras mempersiapkan kondisi yang lebih baik untuk sebuah pertandingan 90 menit penuh.

“Kita memang melihat beberapapemainkelelahan hari ini. Tapi pada akhirnya, kita menyadari kita sedang berupaya untuk bisa kembali kuat bermain selama 90 menit,” ucapnya. Seusai training match petang itu, Robert pun memutuskan untuk mengistirahatkan tim pada esok hari. Semua pemain hanya perlu melakukan recovery di rumahnya masing masing. PelatihPersibBandungRobert Rene Alberts beberkan kondisi duapemainnya Febri Hariyadi dan Geoffrey Castillion yang sempat alamicedera.

Keduapemainini sempat mengalamicederajelang kompetisiLiga12020dilanjutkan. Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 musim ini akan kembali bergulir setelah ditangguhkan akibat pandemi corona. PSSI telah memutuskan Liga 1 2020 akan segera dilanjutkan pada Oktober mendatang dan akan digelar tanpa penonton.

Timnas putra bernama Febri Hariyadi (Tangkap layar channel YouTube PSSI) (Tangkap layar channel YouTube PSSI) Febri Hariyadi sendiri sempat mengalami cedera karena latihan yang cukup berat di pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia senior. Sementara Geoffrey Castillion harus menepi dari sesi latihan Maung Bandung karena engkel kakinya sempat terkilir saat gim internal beberapa waktu lalu. Pelatih Persib, Robert Alberts mengatakan, Febri saat ini sudah kembali pulih dan siap mengikuti semua program latihan yang telah dibuat.

"Febri sudah seratus persen pulih, dia hanya butuh istirahat saja," ujar Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jumat (28/8/2020). Sementara Geoffrey Castillion dikatakan Robert masih membutuhkan waktu pemulihan agar dapat kembali melakukan latihan bersama tim. "Geoffrey setelah laga pertama (game internal) mengalami cedera engkel karen terkilir, jadi harus sedikit (pemulihan). Jadi dia masih butuh perawatan dan tidak ada yang harus dipaksakan untuk saat ini," katanya.

Pelatih asal Belanda ini pun mengaku tak terlalu khawatir dengan cederanya Geoffrey Castillion. Apalagi bergulirnyaLiga12020masih cukup lama dan juru gedor andalannya itu memiliki cukup waktu untuk melakukan pemulihancedera. "Liga baru akan dimulai sekitar satu bulan lagi kurang lebih. Memang dia masih harus meningkatkan stamina dan eksplosivitas tapi kami tidak bisa memaksakannya, kami akan mengasahnya perlahan," ujarnya.

Selain Febri Hariyadi, Beckham Putra Nugraha harus minggir dari latihan. Febri Hariyadi dinyatakan harus beristirahat satu hari, sedangkan Beckham Putra Nugraha masuk rumah sakit. Pada Selasa (25/8/2020), Febri Hariyadi tampak tak mengikuti sesi latihan secara penuh di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Febri sebelumnya banyak berlatih dengan tim nasional dan dia terlihat mengalami latihan berlebih hingga mengalami cedera," kata pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, Kamis (27/8). Sang pelatih tidak mau mengambil risiko lebih besar untuk melibatkan Febri Hariyadi dalam latihan berintensitas tinggi. "Febri datang ke sini dengan perasaan yang kurang nyaman. Jadi, kami memberi Febri waktu untuk beristirahat. Dia ada masalah di punggung bagian bawah dan bisa berlatih Kamis nanti," kata pelatih asal Belanda tersebut.

Robert juga mengatakan Beckham Putra, yang sedang mengikuti pemusatan latihan bersama timnas U 19, harus dirawat. "Beckham dirawat di rumah sakit hari ini karena berlatih tiga kali sehari. Jadi, kami juga harus memantau kondisi Beckham," kata Robert Alberts. Secara keseluruhan, memasuki minggu ketiga latihan bersama pascajeda panjang, kondisi fisik pasukan Pangeran Biru terus meningkat.

"Hari ini, saya bisa melihat apa yang bisa dilakukanpemain, mereka lebih cepat berpikir dan lebih cepet bergerak. Soal kecepatan melakukan recovery (pemulihan) masih harus kami lakukan analisa," ujar Robert Alberts. Supardi dan kawan kawan, ucapnya, mampu melahap delapan kali small sided games. "Ekspresi wajah dan bahasa tubuh mereka menunjukkan kesan yang bagus," ujar eks pelatih Arema FC itu. Dari sisi waktu, sesi latihan kemarin singkat daripada biasanya. Kemarin, skuatPersibBandunghanya berlatih 90 menit. Pada hari hari sebelumnya, mereka berlatih dua jam atau lebih.

Menurut Robert Alberts, penyesuaian waktu itu karena intensitas latihan semakin tinggi. Editor: Dedy Herdiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *