Jangan Lakukan Hal Berlebihan 5 Larangan yang Sebaiknya Dihindari di Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Larangan yang sebaiknya dihindari saat merayakanHari Raya Idul Fitri 1441 H, jangan lakukan hal yang dilarang ini, termasuk hal berlebihan. Ada beberapa larangan bagi umat islam saat merayakan hari Raya Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri jatuh pada setiap 1 Syawal setelah sebulan berpuasa Ramadan.

Hari kemenangan ini tentunya disambut hangat oleh seluruh umat muslim. Lantaran itu, hari raya Idul Fitri menjadi hari kemenangan dan momentum bagi kita untuk menjadi insan yang semakin bertaqwa. Maka dari itu, ada beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan umat islam di hari perayaan Idul Fitri.

Meskipun puasa merupakan amalan yang baik. Namun hukum berpuasa saat hari raya baik Idul Fitri maupun Idul Adha adalah haram. Dalam hadis riwayat Abu Hurairah r.a disebutkan : “Sesungguhnya Rasulullah Saw melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.” Jika merujuk kepada Al Isra ayat 26 27 sesungguhnya hal tersebut dinilai pemborosan, sebab uang yang digunakan untuk membeli petasan bisa digunakan untuk hal yang lebih baik.

Pada dua ayat tersebut Allah berfirman, “Dan janganlah kamu menghambur hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros pemboros itu adalah saudara saudara syaitan,”. Meskipun Ibnul Qayyim mengatakan, dianjurkan untuk menggunakan wewangian dan pakaian paling bagus saat salat Idul Fitri, tetapi Allah juga mengingatkan agar tidak menggunakan hiasan atau aksesoris secara berlebihan.

Terkhusus kepada perempuan, sangat tidak dianjurkan berdandan secara berlebih. Jangan sampai setelah berpuasa 1 bulan penuh, jaid balas dendam dengan makan sepuasanya di hari kemenangan. Meskipun hari raya merupakan momen yang pas untuk menyantap berbagai makanan yang disajikan yang pasti lebih beragam dan lebih enak dibanding saat hari hari biasa.

Namun jangan sampai makan berlebihan. Allah berfirman: “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang orang yang berlebih lebihan”. (QS. Al A’raf: 31)

Dan disebutkan dalam kitab Adab al Syafi’i wa Manaqibi bahwa Imam Syafi’i berkata bahwa “Kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah.”. Silaturahmi ataupun acara halal bihalal tidak bisa menjadi alasan untuk mengulur ulur waktu salat fardu apalagi meninggalkannya. Selain menghindari 5 larangan ini, ada 6 sunah yang bisa dilakukan untuk menambah pahala, apa saja?

35 gambar ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H / Lebaran 2020, tinggal copy paste dan share! Hari Raya Idul Fitri 1441 H kemungkinan besar akan tiba pada Minggu (24/5/2020). Meski kepastiannya masih menunggu sidang isbat, tapi hanya tinggal beberapa hari Ramadhan 2020 akan berakhir.

Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, lebaran tahun 2020 kali ini terpaksa digelar serba terbatas di tengah pandemi. Meski demikian, tradisi untuk saling bertukar ucapan dan doa di Hari Raya Idul Fitri masih bisa dilakukan. Idul Fitri menjadi pertanda berakhirnya bulan Ramadan yang pebuh berkah dan sebagai tanda kemenangan umat Islam dalam menahan hawa nafsu selama berpuasa.

Berikut 35 ucapan bergambar Selamat Idul Fitri 1441H/Lebaran2020 yang cocok dibagikan atau dijadikan status di WhatsApp, Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya. Tidak ada salahnya Anda menyimak kumpulan ucapan hari raya Idul Fitri 1441H dalam bentuk gambar yang cocok untuk update status di WhatsApp, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya. Selain cocok untuk update status di WA, FB, IG, dan media sosial lainnya, kumpulan gambar ini juga bisa diunduh atau di download .

Di tengah pademi Covid 19 seperti saat ini, pemerintah mengimbau untuk seluruh umat muslim tanah air untuk menyambut hari raya lebaran 2020 ini di rumah. Membagikan gambar ucapan Idul Fitri kepada keluarga besar, rekan dan kolega bisa menjadi satu alternatif tetap bersilaturahmi di tengah pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *