Jawaban Soal Materi Belajar dari Rumah TVRI Jenjang SMP tentang Kain Batik, Senin 4 Mei 2020

Inilah kunci jawabanuntuk tiga pertanyaan materi 'Kain Batik' khusus jenjang SMP. Ada tiga pertanyaan yang diberikan dalamprogram Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI, Senin (4/5/2020). Peserta Belajar dari Rumah diminta untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.

Jawablah dengan mempelajari materi yang telah disampaikan dalam tayangan. 1. Filosofi Batik di luar Pulau Jawa berbeda dengan yang berasal dari Jawa, karena adanya: Perbedaan struktur sosial dan wilayah

Perbedaan tingkat kemakmuran Perbedaan sumber daya alam yang dimiliki di daerah tersebut Perbedaan sejarah asal usul daerah tersebut.

2. Perbedaan falsafah corak batik Parang dan Truntum adalah: Pada batik Parang terdapat filosofi bahwa dalam dunia itu hanya ada gelap dan terang, senang dan sedih dan itu semua digambarkan dengan dasar batik yang berwarna hitam atau coklat dan ada yang berwarna putih. Hanya raja dan kerabatnya saja yang boleh memakainya, besar kecilnya motif parang menyimbolkan status sosial pemiliknya.

Sedangkan pada batik Truntum, mempunyai gambar seperti bintang yang bertaburan di langit. Ini memiliki filosofi bahwa dalam keadaan segelap apapun, sekedip bintang dapat menerangi. Berarti didalam keadaan yang penuh dengan kegelapan, pasti ada cahaya terang yang menerangi jalan.

3. Jika saya memiliki keahlian atau diwariskan keterampilan membatik, maka saya akan membuka sanggar khusus untuk belajar membatik. Sehingga smeua orang bisa belajar membatik di sanggar tersebut. Kemudian mungkin saya akan mengadakan pameran batik, atau menggelar acara lomba membatik.

Agar teman teman dapat tertarik untuk membatik dan berkreasi atau berkarya melalui batik. Lalu saya juga akan mempromosikan kelebihan atau keungguan batik dibandingkan motif kain lainnya. Saya juga akan menyampaikan nilai ekonomis yang terkandung didalam keahlian membatik, yaitu dapat menumbuhkan jiwa wirausaha.

Karena dengan memiliki keterampian atau keahlian membatik, seseorang dapat membuak wirausaha seperti berjualan baju atau kain batik. Jika Anda melewatkan tayangan belajar di rumah TVRI, tayangan materi tersebut dapat diakses dari kanal streaming Belajar dari Rumah TVRI, berikut ini: PAUD dan sederajat

Jalan Sesama:Teka Teki SD Kelas 1 3 dan sederajat Sahabat Pelangi: Juara Sejati

SD Kelas 4 6 dan sederajat Gemar Mat: Operasi Hitung Bilangan SMP dan sederajat

Kain Batik SMA/SMK dan sederajat Bekerja Lebih Baik

Keluarga Indonesia (Parenting) Narkotika dan Permasalahan Remaja Film Nasional

Meraih Mimpi *)Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

Dilansir dari , program acara Belajar dari Rumah diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Acara Belajar dari Rumah merupakan program sebagai alternatif belajar di tengah pandemi virus korona (Covid 19). Program Belajar dari Rumah ditayangkan setiap Senin hingga Jumat di TVRI, mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.

Belajar dari Rumah terbagi menjadi lima jenjang di setiap jamnya, mulai dari PAUD, SD, SMP, hingga SMA/SMK sederajat, serta ada pendidikan untuk parenting . Belajar dari Rumah juga menayangkan program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu. Pada hari Sabtu dan Minggu, terdapat durasi tiga jam khusus untuk program program kebudayaan.

Di antaranya, gelar wicara ( talkshow ), podcast, kesenian, dan magazine tentang perkembangan budaya dari seluruh Indonesia. Sementara itu, pada malam hari ditayangkan film Indonesia pilihan dari berbagai genre, seperti film anak, nasional, drama, dan dokumenter. Program Belajar dari Rumah sudah berlangsung sejak Senin, 13 April 2020 dan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *