August 1, 2021

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Kemenhub Andalkan SDM Sektor Perhubungan dari 27 Lembaga Pendidikan Binaan

Menhub: SDM Berkompeten Mampu Membangun Layanan Transportasi Jadi Lebih Baik Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, perkembangan di sektor transportasi tidak lepas dari peran SDM yang menjadi yang faktor penting untuk meningkatkan layanan transportasi publik. "Perkembangan sektor transportasi tidak hanya terkait membangun infrastruktur, tetapi membangun SDM juga menjadi faktor penting," kata Budi Karya dalam webinar Transportasi Merajut Keberagaman, Kamis (27/8/2020).

Menurutnya, untuk menciptakan SDM yang berkompeten, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenhub membina 27 lembaga pendidikan. "Di dalam 27 lembaga pendidikan vokasi ini meliputi pendidikan terkait transportasi darat, laut, udara dan perkeretaapian," ujar Budi Karya. Lulusan 27 lembaga pendidikan di lingkungan Kemenhub tersebut diharapkan dapat menghadirkan SDM transportasi yang memiliki pengetahuan dan keterampilan.

"Sehingga dengan pendidikan yang didapatkan oleh insan transportasi, dapat meningkatkan pelayanan transportasi yang mengutamakan keselamatan dan keamanan," ujar Budi Karya. Maka dari itu, lanjut Budi Karya, untuk membuat transportasi ini lebih baik dalam melayani masyarakat bukan hanya tentang infrastruktur dan sarana saja tetapi SDM yang baik juga sangat dibutuhkan.