Kepingin Punya Adik Jadi Motif Tersangka Nekat Culik Bocah 3 Tahun di Ulujami

Polres Metro Jakarta Selatan masih terus mengusut kasus penculikan anak di kawasan Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Korbannya adalah seorang balita berusia 3 tahun berinisial PR. Tersangka Berinisial P (17) telah diamankan jajaran Polres Metro Jakarta Selatan.

Motif penculikan PR mulai terkuak setelah P menjalani serangkaian pemeriksaan. Pmengaku ingin memiliki seorang adik perempuan. Sesuai keterangan, P berstatus anak tunggal di keluarganya.

Meski sebelumnya P mempunyai kakak, namun diakuinya telah meninggal dunia. "Kalau meninggalnya (kakak P) kapan saya belum tahu, tapifixsudah meninggal," kata Kapolres MetroJakartaSelatanKombesPolBudiSartonosaat merilis kasus ini, Rabu (29/7/2020). Menurut warga di sekitar rumah korban, P memang kerap bermain dengan anak anak.

Ketika melihat PR bermain di sekitar rumahnya, P tanpa pikir panjang langsung mengajaknya. Kebetulan, saat itu P sedang bermain di rumah neneknya, tak jauh dari kediaman PR. "Jadi dia (P) ingin mendapatkan saudara atau adik, sehingga anak itu (PR) dibawa," ujar Budi.

Dalam kasus ini, polisi juga menetapkan N (48), ibu dari P, sebagai tersangka. Mengetahui perbuatan anaknya saat menculik PR dan membiarkannya. "N karena yang bersangkutan sebagai ibu tidak bisa melahirkan anak lagi merasa ya sudah ini kita jadikan anak," jelas Budi.

PR diculik saat sedang bermain di sekitar rumahnya di Jalan Palem,Ulujami,JakartaSelatan, Senin (27/7/2020) sekitar pukul 12.30. Keesokan harinya sekira pukul 15.00, PR ditemukan jauh dari rumahnya. Ia berada di kediaman pelaku di Munjul,KabupatenTangerang, Banten. "Dia pamitnya mau main masak masakan sama temannya," kataMursyida, saat ditemui di kediamannya, Selasa (28/7/2020).

Mursyida pun curiga ketika sang anak tidak kembali ke rumah saat waktu menunjukkan pukul 13.30. "Akhirnya saya cari, saya mutar mutar tapi enggak ada," ujar dia. Pada akhirnya, Mursyida memutuskan mengecek salah satu CCTV yang terpasang di rumah kos.

Betapa terkejutnyaMursyidamelihat anaknya dibawa orang dengan ciri ciri perempuan remaja dan berbadan gemuk. "Saya sih cuma kenal wajah saja sama yang bawa anak saya," kata ibunda PR,Mursyida. Selain itu, jelasMursyida, beberapa warga sekitar juga ada yang mengenali terduga pelaku penculikan.

"Katanya orang sini juga, pernah tinggal di lingkungan sini tapi beda RT. Dipanggilnya Puput," ujar dia. Mursyida menduga perempuan yang membawa anaknya pergi berusia sekitar 15 atau 17 tahun. "Umurnya masih 15 atau 17 tahun (terduga pelaku). Kita sih keluarga sudah lapor polisi," kataMursyida.

Perempuan yang diduga menculik PR ternyata sempat mengajak teman bermain korban. Beruntung teman PR itu menolaknya dan langsung kabur pulang ke rumahnya. "Salah satu temannya sempat diajak juga, cuma dia langsung kabur," tuturMursyida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *