Ketua Banggar DPR Minta Menteri PPN/Bappenas Tunjuk Lembaga yang Gunakan Anggaran Tak Sesuai Program

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebut menemukan usulan anggaran aneh yang tak sesuai dengan peruntukan program Kementerian dan Lembaga. Seperti pembelian motor trail oleh salah satu kementerian untuk program revolusi mental. Kemudian anggaran untuk program pencegahan stunting justru digunakan untuk membangun pagar puskesmas. Terkait hal itu, Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah meminta Suharso untuk langsung menunjuk kementerian yang dimaksud.

Said menegaskan keputusan Banggar DPR RI adalah refocusing anggaran yang sudah dilakukan kementerian dan lembaga agar tetap mengacu kepada program pemulihan ekonomi nasional (PEN). "Kami tidak mentolerir terhadap belanja kementerian dan lembaga yang tidak tetap sasaran dan outcome nya yang tidak terukur," jelasnya. Politikus PDIP tersebut mengimbau kementerian dan lembaga untuk fokus pada program PEN dan membantu masyarakat miskin serta terdampak pandemi Covid 19.

"Kami mengimbau sekali lagi agar program kementerian dan lembaga fokus pada program PEN unguk membantu masyarakat miskin, rentan miskin dan korban PHK, memulihkan UMKM dan UMI, serta membantu kelompok informal yang tidak masuk dalam skema perbankan," tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *