Klasemen Sepak Bola SEA Games 2019 Grup A dan B, Myanmar dan Vietnam di Puncak

Klasemen Sepak Bola SEA Games 2019 grup A dan B dapat disimak dalam berita ini. Di grup A, Myanmar memimpin dengan koleksi 7 poin dari 3 laga, diikuti Kamboja dengan 4 poin dari dua laga yang telah dilakoni. Tua rumah Filipina menempati urutan ketiga dengan koleksi 4 poin terpaut 3 poin dengan Malaysia yang baru memainkan dua laga.

Di grup B, Vietnam kokoh di puncak klasemen setelah mengalahkan Timnas Indonesia U23 2 1. Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia U23 turun ke peringkat 3 karena Thailand menang atas Singapura. Thailand memiliki poin yang sama dengan Indonesia, namun unggul dalam produktifitas gol.

Timnas Indonesia U23 menelan kekalahan di matchday ketiga fase grup SEA Games 2019 dari Vietnam 2 1. Dua gol Vietnam dicetak Nguyen Thanh Chung dan Nguyen Hoang Duc, sementara satu balasan dari skuat Garuda Muda dicetak oleh Sani Rizki. Saat ini tim asuhan Indra Sjafri berada di peringkat 3 grup B SEA Games 2019.

"Vietnam bermain sangat ofensif di babak kedua. Sayang kita kecolongan di penghujung laga," ucap Indra Sjafri, dikutip dari PSSI . Indonesia memiliki raihan poin yang sama dengan Thailand (6 poin) namun selisih produktifitas gol. Sementara Vietnam kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 9 poin dari tiga kemenangan.

Meskipun begitu, Timnas Indonesia U23 masih memiliki peluang untuk dapat melaju ke babak semifinal jika mampu mengalahkan Brunei dan Laos dengan produktifitas gol yang besar. Di sisi lain, berharap Thailand tersungkur saat menghadapi Vietnam di laga pamungkas babak penyisihan grup. Sesuai dengan regulasi turnamen, peringkat klasemen dilihat dari nilai yang dikumpulkan dan kemudian selisih gol mana kala tim memiliki poin yang sama.

0 Brunei Thailand 0 2 Laos 0 0 Singapura

1 Laos Brunei 0 7 0 Singapura

0 Singapura 0 Brunei 1 Timnas Indonesia U23

Pukul 19.00 WIB Timnas Indonesia U23 vs Brunei Pukul 19.00 WIB Singapura vs Vietnam Pukul 15.00 WIB Laos vs Thailand

Brunei vs Singapura Timnas Indonesia U23 vs Laos Vietnam vs Thailand

Malaysia 1 1 Myanmar Filipina 1 1 Kamboja 1 Filipina

0 Timor Leste Timor Leste 1 3 0 Malaysia

Malaysia vs Timor Leste Myanmar vs Kamboja Kamboja vs Malaysia

Timor Leste vs Filipina Pada babak kedua, timnas Vietnam mampu bangkit dengan berhasil melesakkan dua gol. Masing masing diciptakan oleh Nguyen Thanh Chung serta gol penentu kemenangan dari Nguyen Hoang Duc.

Nguyen Hoang Duc mengakui bahwa tembakan kerasnya dari luar kotak pinalti terinspirasi dari pemain favoritnya. "Saya mengagumi Saul Niguez (Atletico Madrid), melihat bagaimana ia bermain dan tembakannya, itu hal yang saya lakukan pada pertandingan (tadi malam)," terangnya. Kendati demikian, hasil tembakan yang berhasil merobek gawang dari Nadeo di akui pleh Nguyen merupakan hasil latihannya selama memperkuat timnas Vietnam.

"Dalam sesi latihan, kami berlatih bagaimana menghadapi banyaka situasi, tentunya kami memliki beberapa solusi untuk menghadapi tekanan tersebut, (melakukan shot)," ungkapnya. Nguyen Hoang Duc mengakui bahwa ia tidak terpikirkan sama sekali untuk mencetak gol spektakuler dari luar kotak pinalti. Ia merasa hanya memiliki ruang tembak dan melakukannya.

"Ketika tepat berada dipungasaan saya, saya merasa tepat dan nyaman saja untuk menembak," "Tentu, saya tidak memikirkan apakah tendangan saya akan menjadi gol atau tidak, yang penting saya harus mencoba," tutur Nguyen Hoang Duc. Usai berhasil membawa timnya meriah kemenangan. Nguyen kembali fokus di pertandingan selanjutnya.

Ia menargetkan kemenangan ketika bersua dua tim kuat lainnya, Singapura dan Thailand. "Dipertandingan selanjutnya, kami akan mencoba meladeni dua tim yang kuat, Thailand dan Singapura, tentunya kami kembali fokus dan mempersiapkan tim jelang pertandingan,'' "Kami menargetkan kemenangan untuk pendukung kami di Vietnam,"pungkasnya.

Dengan kemenangan ini, timna vietnam berhak menempatoi puncak klasemen grup B dengan koleksi semboilan poin. Adapun Indonesia harus puas menduduki peringkat ketiga dengan mengoleksi enam poin. Poin tim asuhan Indra Sjafri sama dengan perolehan milik Thailand, namun Evan Dimas dkk hanya kalah dalam produktivitas gol saja.

Mantan pelatih Bali United itu hanya menyayangkan bahwa timnya harus kecolongan gol di menit menit akhir pertandingan. "Vietnam bermain sangat ofensif di babak kedua. Sayang kita kecolongan di penghujung laga," kata Indra Sjafri. Dengan kekealahan ini, Indonesia menempati peringkta ketiga di Grup b dengan koleksi enam poin.

Pelatih Timnas Indonesia U 23 itu meminta anak asuhnya untuk fokus di pertadingan selanjutnya. Timnas Gruda Muda di matchday keempat SEA Games 2019 akan meladeni kekuatan Laos. Saat ini Laos berada diperingkat keempat dengan koleksi empat poin.

Tentu saja Zulfiandi dkk wajib memenangkan pertandingan jika tidak ingin posisinya dikudeta Laos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *