Klaster Pasar di Tuban Kembali Sumbang 20 Pasien Covid-19

Pasien kasus Covid 19 di Kabupaten Tuban bertambah 20 orang, semuanya berasal dari klaster pasar. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Tuban merilis perkembangan kasus virus corona di wilayah setempat, Senin (25/5/2020). "Ada tambahan 20 kasus baru hari ini yang didominasi dari klaster pasar, jadi angka kumulatif sekarang 40 orang yang positif covid 19 di Kabupaten Tuban," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyati, Senin (25/5/2020).

Jubir gugus tugas covid 19 Kabupaten Tuban itu menjelaskan, tambahan kasus baru itu diketahui dari hasil tes swab yang dikeluarkan Institute of Tropical Desease Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Konfirmasi positif didominasi klaster Pasar Banjarejo Bojonegoro, klaster Pasar Bongkaran Tuban dan klaster Tambakboyo, ada juga klaster pasar Babat Lamongan. Untuk klaster Banjarejo ada 2 perempuan asal Kecamatan Soko dan 4 orang pria lainnya.

Klaster pasar bongkaran Tuban terdapat 3 perempuan yaitu asal Kecamatan Plumpang, Semanding dan Kecamatan Merakurak. Dari klaster Tambakboyo 3 perempuan yaitu 2 asal Kecamatan Jenu, 1 perempuan asal Kecamatan Kerek dan 1 bayi. Selain itu ada klaster pasar Babat Lamongan, 3 perempuan asal Kecamatan Plumpang, Palang, Semanding. Lalu 1 pria asal Kecamatan Merakurak, 2 pria dan satu bayi asal Kecamatan Tuban.

"20 kasus baru ini dari 4 klaster pasar, sebagaimana rinciannya yang ada pada data. Kami meminta masyarakat untuk tetap waspada jaga diri," terangnya. Ditambahkan Endah, untuk data secara kumulatif ada 40 orang yang positif covid 19. Rinciannya sebagai berikut, 34 masih dirawat berasal dari Kecamatan Tambakboyo 9, Tuban 5, Soko 5, Merakurak 3, Semanding 2, Plumpang 2, Jenu 2, Palang 2, Parengan, Senori, Kerek, dan Grabagan masing masing 1 orang.

Untuk yang sembuh 4 orang yaitu dari Kecamatan Montong 2 orang, Jatirogo 1 dan Tuban 1. Sedangkan yang meninggal 2 orang dari Semanding dan Parengan saat berstatus PDP. "Angka positif kumulatif ada 40 pasien terpapar covid 19, yang dirawat 34, sembuh 4 orang, meninggal 2 orang. Untuk PDP berjumlah 57 orang, tercatat 26 orang sembuh, 12 orang meninggal dunia dan 19 masih dalam pengawasan," pungkasnya.

(M. Sudarsono)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *