Lockdown Malaysia: Siti Nurhaliza Peringatkan Kontrol Aktivitas dan Mahathir Karantina Diri

Selebriti dan penyanyi asal Malaysia, Siti Nurhaliza meminta pada warga Malaysia untuk mematuhi perintah kontrol aktivitas atau Movement Control Order (MCO). Sebelumnya, pada Selasa (17/3/2020), Perdana Menteri Muhyiddin Yassin mengumumkan akan menutup akses Malaysia. Penutupan akses dilakukan pada Rabu (18/3/2020).

Sejak saat itu, Malaysia mulai membatasi kegiatan di luar ruangan maupun perbatasan. Bahkan beberapa jam sebelum lockdown dimulai, kemacetan panjang terjadi di perbatasan Singapura Malaysia. Lantaran para pekerja Malaysia di Negeri Singa berbondong bondong kembali ke kampung halamannya.

Tapi banyak juga yang hanya pulang sebentar mengambil keperluan dan kembali lagi ke Singapura melanjutkan pekerjaan. Siti juga menyoroti hal ini, banyak orang yang tidak mengindahkan anjuran pemerintah dan memilih pulang kampung. "Tolong tinggal di rumah dan habiskan waktu bersama orang orang terkasihmu #stayathome," bunyi cuitan Siti pada akun Twitter pribadinya dilansir .

Pelantun Wajah Kekasih ini juga memposting foto dengan kata 'aku mencintaimu' di selembar kertas. Dia menyerukan pada pengikutnya untuk menghormati keputusan Perdana Menteri atas lockdown ini. Sementara itu Ahli Bedah Umum Malaysia, Amalina Che Bakri juga mengunggah foto di Instagram pribadinya.

Dia berpesan hal yang sama dengan apa yang dilakukan Siti Nurhaliza. "Saya tetap bekerja untuk anda, anda tinggal di rumah untuk kami," ungkapnya. Amalina menerangkan bahwa pembatasan akses saat ini adalah upaya pemerintah agar wabah corona tidak terus menyebar.

Sedangkan aktor Ashraf Muslim menilai waktu ini sebaiknya digunakan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Dia juga mengaku akhirnya bisa melakukan diet karena penguncian ini membuatnya harus ekstra hemat menjatah porsi makannya. "Terakhir kali kami selalu ingin melakukan diet tetapi mungkin kami tidak dapat melakukannya."

"Tetapi sekarang kami memiliki waktu untuk melakukan diet karena makanan dapat dijatah," kata Ashraf. Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad dikabarkan tengah mengarantina dirinya sendiri setelah kontak dengan pejabat positif Covid 19. "Beliau (Mahathir) saat ini berada dalam karantina mandiri," kata juru bicaranya sebagaimana diwartakan The Star Kamis (19/3/2020) dikutip dari .

Belakangan diketahui Mahathir sempat berfoto dengan anggota parlemen asal Bandar Kuching, Kelvin Yii Lee Wuen. Hasil tes politisi itu positif Covid 19 dan sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Serawak (SGH). Usia Mahathir tidak muda lagi yakni 94 tahun, sehingga rentan terjangkit wabah asal China ini.

"Saya akan mengikutinya (prosedur karantina). Ini penting agar saya tetap disiplin melaksanakannya," jelas Mahathir. Mahathir menjelaskan dia akan mengarantina diri selama 14 hari ke depan. "Bagaimana pun, Alhamdulillah. Ini tidak terlalu sulit bagi saya," kata mantan PM Malaysia yang mengundurkan diri pada 24 Februari lalu.

Pada Kamis (19/3/2020), Negeri Jiran kembali mengumumkan kasus tambahan sebanyak 110 orang. Genap sudah total kasus Covid 19 di Malaysia adalah 900 jiwa dengan 823 diantaranya kasus aktif. Sementara itu jumlah kematian masih diam di angka dua dan pasien sembuh mencapai 75 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *