Menteri Agama Ungkap Ada Kelompok Manfaatkan Pandemi Covid-19 buat Sebar Kebencian

Menteri Agama Fachrul Razi mengungkapkan ada kelompok kelompok yang memanfaatkan situasi pandemi Covid 19 untuk menebar kebencian. Fachrul menduga pihak ini merupakan kelompok yang tertekan karena terlalu lama di rumah atau kelompok yang berpaham radikal. "Misalnya ada kelompok kelompok orang yang mungkin karena stres, atau banyak di rumah, atau memang juga sudah punya potensi untuk bersifat radikal kemudian memanfaatkan situasi menyebarkan kebencian," ujar Fachrul dalam sambutannya pada acara Dialog Virtual Lintas Iman, Selasa (14/7/2020).

Meski begitu, Fachrul menilai kelompok ini tidak memiliki potensi yang besar dalam menyebarkan kebencian. Menurut Fachrul, masyarakat perlu berperan aktif dalam menangkal ujaran kebencian yang disebarkan saat pandemi ini. "Kewajiban kita bersama lah untuk mencoba mengeliminasinya dengan sebaik baik," kata Fachrul.

Mantan Wakil Panglima TNI ini menilai seluruh elemen memiliki peran untuk menjaga kerukunan terutama saat masa pandemi ini. "Kita tidak akan pernah lelah untuk membangun kerukunan sesama kita, dan kita sangat bangga bahwa semua elemen masyarakat apapun agamanya semua tokoh tokoh agama, semua perguruan tinggi, berupaya untuk melakukan hal yang sama," pungkas Fachrul. Dirinya menilai pandemi corona menyebar ke berbagai wilayah tanpa melihat agama, etnis, maupun budaya. Sehingga dibutuhkan kerukunan antarumat beragama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *