Pemkot Ambon Dorong PSBB Tingkat Desa Tangani Covid-19 Tiru Jawa Barat

Setelah memastikan perpanjangan PSBB transisi, Pemerintah KotaAmbon tengah mendorong PSBB tingkat desa seperti yang telah diberlakukan di provinsi Jawa Barat. Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku telah melakukan pembahasan PSBB tingkat desa bersama jajarannya. "Tadi kita sudah rapat bicarakan juga, itu kita mau dorong supaya kita memakai pola PSBB lokal. Kita belajar dari Jawa Barat," ungkap Louhenapessy, Kamis (13/8/2020).

Menurutnya, pembatasan kegiatan masyarakat di tingkat terkecil dinilai efektif mencegah penularan Covid 19, lantaran akan lebih mudah dalam pengawasan. Dalam penerapannya, kata wali kota setiap kepala desa bertanggungjawab wilayahnya dan akan diatur melalui peraturan desa. Sedangkan pemerintah kota akan mengurusi wilayah yang lebih luas, yakni tingakt kelurahan.

"Kepala desa bertanggungjawab atas desanya. Jadi betul betul kita batasi," ujarnya. Kota Ambon sendiri kembali masuk dalam zona merah penyebaran Covid 19 setelah sebelumnya turun ke Zona Orange. Kini, pemkot Ambon tengah menerapkan PSBB transisi sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *