Penggalang dari Rachel Vennya hingga Pecinta Korea Dana Terkumpul Rp 130 Miliar CEO Kitabisa

Chief Executive Officer (CEO) kitabisa.com, M. Alfatih Timur melaporkan total jumlah dana yang sudah berhasil terkumpul dalam penggalangan dana banuan Covid 19. Alfatih mengatakan hingga, Jumat (15/5/2020) uang yang terkumpul lewat kotak amal online ini mencapai Rp 130 miliar. "Alhamdulillah sejak Covid 19 mulai sampai sekarang itu sudah ada jutaan donatur yang berpartisipasi, dan total donasi per hari ini Rp 130 miliar," katanya dikutip dari channel YouTube BNPB.

Alfatih melanjutkan, penggalang sebutan pihak pihak yang melakukan pengumpulan donasi tidak hanya berasal dari kalangan publik figur saja. Melainkan juga hampir dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk dari komunitas hobi. "Digalang oleh oleh ribuan penggalangan, mereka yang memasukan ke kitabisa.com, kemudian menggalang dana ke publik."

"Contohnya selebgram Rachel Vennya yang hari pertama lewat IG story bisa mengumpulkan Rp 1,2 miliar dalam satu malam." "Kemudian ada Atta Halilintar, Raffi Ahmad. Tentu tidak hanya artis, komunitas Kpop fans club juga mengumpulkan dana," imbuh Alfatih. Alfatih melihat fenomena gotong royong masyarakat Indonesia dengan menggalang dana menjadi hal yang menarik.

Hal ini membuktikan di tengah adanya sad news , masih adanya kepedulian terhadap sesama. "Kegiatan saling membantu lewat aksi solidaritas kelompok kelompok kecil menyelesaikanmasalah masyarakat secara mandiri dan komunal itu menarik," beber pria berkacamata ini. Wabah virus covid 19 atau corona mulai mewabah di Indonesia sejak awal Maret 2020.

Waktu terus bergulir dan jumlah korban yang diindikasi dan terpapar virus covid 19 atau corona setiap harinya terus bertambah. Para publik figur dan influencer pun berbondong bondong membuat sebuah gerakan kepedulian, untuk memberikan donasi kepada banyak pihak. Donasi itu tercatat ada yang dikirimkan ke pihak tenaga medis, orang yang tak mampu membeli masker, pekerja harian lepas, dan lain sebagainya.

Influencer dan atau youtuber Rachel Venya menjadi salah satu orang yang membuat donasi lewat aplikasi atau platform digital di kitabisa.com. 10 hari membuka donasi, rupanha Rachel Venya berhasil mengumpulkan sumbangan lebih dari Rp. 7,5 Miliar. Dalam ketetangan yang tertulis di platform digital itu, Rachel Venya sudah menyalurkan donasinya kepada Palang Merah Indonesia (PMI), pada 23 Maret 2020 diterima langsung oleh Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla.

"Aku bersama tim Kitabisa ke kantor Palang Merah Indonesia untuk nyerahin bantuan Rp 2 miliar dari donasi kalian. Pak Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI yang langsung menerimanya," tulis Rachel Venya. Rachel Venya menjelaskan bahwa bantuan itu nantinya akan disalurkan lewat jaringan PMI yang ada di 34 provinsi di Indonesia. "Kemaren aku juga sempet keliling melihat gudang PMI. Logistik dan tenaga mereka udah siap banget untuk mencegah COVID 19 ini di Indonesia. Semoga ya wabah ini cepetan berakhir," tulisnya lagi.

Lebih lanjut, Rachel Venya menyampaikan pesan dari Jusuf Kalla, bahwa melawan pandemic virus covid 19 atau corona memang harus bergotong royong. "Sampai ini semua berakhir kita harus selalu siap tolong menolong. PMI juga akan memberikan update berkala terkait bantuan yang akan didistribusikan," ungkapnya. "Sekali lagi makasih banyak ya teman teman sudah mau menyalakan harapan bersama sama!," tulis Rachel Venya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *