Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Periode 28-29 Januari 2020: Waspada Angin Kencang di Sejumlah Wilayah

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis informasi peringatan dini cuaca ekstrem untuk periode 27 hingga 29 Januari 2020. Diperkirakan hujan dengan intensitas lebat masih akan mengguyur di sejumlah wilayah di Indonesia. Wilayah Jabodetabek diperkirakan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat yang disertai dengan angin kencang dn juga kilat/petir.

Dikutip dari bmkg.go.id , wilayah Riau perlu mewaspadaipotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Riau bagian utara, barat, tengah, selatan, dan pesisir timur pada siang, sore, dan malam atau dini hari. Waspada juga dengan adanya potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, dan Dompu pada siang hari. Sesuai dengan informasi pada laman bmkg.go.id , Deputi Bidang Meteorologi Senin, (27/1/2020) menyampaikan adanya sirkulasi Siklonik di Samudera Hindia barat Lampung (level 925/600).

Konvergensi terbentuk diwilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Laut Jawa, Pesisir Selatan Banten hingga Jawa Barat. Daerah belokan angin terdapat di wilayah Pesisir Barat Sumatera, pesisir selatan Jawa, Kalimantan bagian Barat dan Tengah, Sulawesi bagian Utara, Maluku Utara, dan Perairan Utara Papua. Sumatera Barat

Lampung Jawa Tengah Yogyakarta

Kalimantan Tengah Sumatera Barat Lampung

Jawa Tengah Yogyakarta Bali

Nusa Tenggara Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Utara

Kalimantan Timur Sulawesi Tenggara Sumatera Utara

Riau Bengkulu Jambi

Sumatera Selatan Kepulauan Bangka Belitung Banten

Jawa Barat Jabodetabek Jawa Timur

Nusa Tenggara Barat Kalimantan Barat Kalimantan Selatan

Papua Riau Bengkulu

Jambi Sumatera Selatan Kepulauan Bangka Belitung

Banten Jawa Barat Jabodetabek

Jawa Timur Kalimantan Barat Kalimantan Selatan

Waspadai juga tinggi gelombang yang mencapai lebih dari 2 meter di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Samudera Hindia selatan NTB, dan Selat Sape bagian selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *