Peringatan HUT RI Ke-75 akan Dibuat Secara Minimalis

Kantor Sekretariat Presiden dan Garnisun Tetap 1 TNI menggelar latihan penaikan bendera untuk peringatan HUT RI ke 75 di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu, (12/7/2020). Nantinya upacara peringatan tetap digelar namun menyesuaikan dengan protokol kesehatan. "Kami Sekretariat Presiden dengan Gartap (Garnisun Tetap) mengadakan latihan penaikan bendera untuk peringatan HUT RI ke 75, di mana pengibar benderanya sangat minimal yakni 3 orang, baik penaikan dan penurunan bendera," kata Deputi bidang Protokol Pers, Media, Kantor Sekretariat Presiden, Bey Machmudin di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (12/7/2020).

Untuk upacara perayaan hari kemerdekaan kali ini, tidak ada Pasukan Pengibar bendera 2020. Adapun pengibaran bendera hanya akan melibatkan 8 orang Paskibra 2019. "Pengibar bendera sudah diputuskan tahun ini tidak ada Paskibraka. Jadi dipilih dari cadangan Paskibraka 2019. Jadi sudah ada datanya di Gartap seperti yang disampaikan Mensesneg dan Kasetpres bahwa tahun ini hanya ada total 8 pengibar bendera yang disiapkan," katanya. Tidak hanya itu, jumlah peserta upacara juga dibuat seminimal mungkin. Peserta upacara peringatan HUT RI ke 75 di tengah Pandemi Covid 19, hanya 20 orang yang berasal dari TNI Polri.

"Yang bertugas, peserta upacara hanya 5 orang setiap angkatan, TNI AU AD AL dan kepolisian hanya 5 orang, total 20 orang jadi memang sangat minimalis," katanya. Bey berharap peringatan HUT RI ke 75 tetap semarak. Stasiun televisi menyiarkan pertunjukan atau pagelaran sebelum atau setelah pengibaran bendera. "Dan tetap kita berharap ada kesemarakan melalui acara sebelum penaikan dan penurunan, di mana ada acara hiburan yang biasanya ditampilkan di istana, kali ini akan ditampilkan di televisi saja. Dan ada kemeriahan lainnya diharapkan mungkin dari Kemenparekraf ada semacam lomba peringatan upacara dengan sangat meriah tetap mengutamakan kesehatan," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *