Posko Covid-19 di Desa Wilayah Kabupaten Luwu Dibongkar Warga Sering ‘Ribut’ dengan Relawan

Pemerintah desa membongkar sebuah posko penanganan Covid 19 di Desa Kadong kadong, Kecamatan Bajo Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Senin (25/5/2020). Pembongkaran posko ini dilakukan lantaran sering terjadi kesalahpahaman antara warga yang melintas dengan relawan posko. Kepala Desa Kadong kadong, Supriadi mengatakan pembongkaran posko untuk menghindari gesekan akibat kesalahpahaman antara warga dengan relawan jaga di posko.

Menurutnya, banyak di antara warga yang tidak patuh dengan aturan atau protokol kesehatan Covid 19. Seperti penggunaan masker saat ke luar rumah dan melintas di posko. "Relawan jaga kami ingin menerapkan aturan tersebut namun tidak diindahkan. Bahkan sudah seringkali terjadi kesalahpahaman," kata Supriadi, Senin (25/5/2020).

Supriadi menuturkan, sebagian warga menganggap sepele Covid 19. Sehingga mereka tidak memakai masker saat bepergian. "Kalau ditegur biasa ada yang tersinggung, padahal ini demi kebaikan bersama. Makanya kami mengambil keputusan yaitu posko dibongkar dari pada terjadi hal hal yang tidak diinginkan," tuturnya.

Penjaga posko selama ini, lanjut Supriadi, adalah beberapa warga desa secara bergantian. "Kami berharap ada perlindungan hukum. Kalau bisa ada dari petugas keamanan yang berjaga bersama warga, supaya warga lainnya bisa patuh dengan aturan," tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *