Presiden Jokowi Tinjau Food Estate di Sumut Didampingi Luhut & Siti Nurbaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek lumbung pangan berskala luas atau food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, pada Selasa (27/10/2020). Ditemani Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Presiden berkeliling di lahan yang memiliki luas 60 ribu hektar tersebut. "Siang ini kita berada di Sumut, tepatnya di Kabupaten Humbang hasundutan. Di sini sesuai dengan rencana, ini akan dikerjakan food estate. Kita memiliki 2 yang akan kita pakai untuk memulai program lumbung pangan atau food estate, yang pertama di Provinsi Sumatera Utara, yang ke dua di provinsi Kalimantan Tengah," kata Presiden.

Presiden mengatakan meski memiliki luas 60 ribu hektar, luas lahan yang akan dijadikan lumbungan pangan yakni 30 ribu hektar. Lumbung pangan tersebut tersebar di Kabupaten Tapanuli, Tapanuli Tengah, dan Kabupaten Pak Pak Bharat. "Dan yang akan di taman di sini seperti kita liat ini adalah tempat dimulainya food estate di Sumut, yaitu untuk tanaman utama kentang, kedua bawang merah, yang ketiga bawang putih," katanya.

Presiden mengatakan akan memantau pembangunan food estate tersebut dalam 2 bulan ke depan. Presiden ingin melihat model bisnis yang akan dikembangkan di food estate tersebut. "Saya rasa kita ingin melihat model bisnisnya seperti apa, proses bisnis yang akan dilakukan di sini seperti apa, hitung hitungannya sudah ada. Ini akan menjadi contoh untuk provinsi provinsi lain yang ingin membangun food estate,"ujar presiden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *