Queen of Dangdut Melayu yang Diusung PDIP Maju Cawabup Bengkalis Riau Profil Iyeth Bustami

Penyanyi pop melayu, Sri Barat atau Iyeth Bustami resmi diusung PDIP menjadi Calon Wakil Bupati Bengkalis, Riau dalam Pilkada Serentak 2020. Ia akan mendampingiKaderismanto yang ditunjuk sebagai Calon Bupati Bengkalis dari PDIP dna PKB. Selain dikenal sebagai penyanyi pop melayu, Iyeth Bustami juga dikenal sebagai penyanyi dangdut kenamaan Indonesia dan dijuluki Queen of Dangdut Melayu .

Iyeth Bustami (lahir dengan nama Sri Barat) lahir di Bengkalis, 24 Agustus 1974. Ia adalah seorang penyanyi melayu dan dangdut berkebangsaan Indonesia. Ibu tiga anak ini juga terampil menggunakan logat Melayu asli Riau dan artis yang mempunyai ciri khas dalam berhijab.

Dikutip dari , penikmat musikdangdutMelayu mungkin tak asing dengan sosokIyeth Bustami. Penyanyi45 tahun ini bahkan identik dengan dandanannya yang nyentrik saat tampil di atas panggung. Sembilan belas tahun jadipenyanyiprofesional, Iyeth sampai mendapat julukan Queen ofDangdutMelayu .

Masih dari laman yang sama, ternyata Iyeth Bustami mulai mengasah keahliannya di bidang tarik suara sejak TK. Memulai karier bernyanyi sejak kecil, Iyeth Bustami sudah didukung penuh oleh kedua orang tuanya. Hal itu ia sampaikan saat hadir sebagai bintang tamu di acara talkshow yang dipandu oleh Raffi Ahmad, Sahila Hisyam dan Vicky Prasetyo.

"Kalau mulai menyanyi itu sejak kecil," ucap Iyeth dengan logat melayunya, seperti dikutipGrid.IDdari tayangan Okay Bos di kanal YouTube Trans7 Official, Kamis (7/11/2019). Dari TK saya sudah nyanyi. Kan saya dari kampung, orang kampung. Dulu tinggal di Bengkalis, Riau," imbuhnya. Lahir dan besar di kota kecil membuat orang tua Iyeth mendukungnya untuk pergi merantau ke ibu kota.

Hal itu demi mengejar kariernya sambil berusaha menyelesaikan pendidikan. "Dari Bengkalis itu, bapak saya cakap, 'Kamu pergi saja ke Jakarta'. Kalau tidak, saya tak bisa jadi artis," kenang Iyeth. "Alhamdulillah bapak hantarkan saya walaupun kami tak punya keluarga di Jakarta," imbuhnya.

"Saya tinggal dari kos ke kos sambil sekolah. Ada rezeki saya mulai ngontrak," terangnya. Tak hanya menyanyi karena suka, Iyeth juga menyisihkan penghasilannya untuk membantu orang tua. "Saya pun bantu orang tua nyanyi dari kafe ke kafe, restoran satu ke restoran lain," ungkapnya.

"Alhamdulillah saya jadi sampai seperti ini," ujarnya. Dalam acara tersebut, Iyeth Bustami juga blak blakan tentang bayaran pertamanya sebagai penyanyi. Bayaran pertama itu ia dapatkan saat menyanyi pertama kali di sebuah restoran.

"Tadi saya bilang pernah nyanyi di restoran. Di restoran itu saya dibayar Rp 12.500,00. Kemudian saya pergi nyanyi di hotel, dibayar satu malam Rp 35.000,00," kenangnya. "Tak puas hati, kadang kadang jam satu malam disambung lagi ke club , nyanyi sampai jam setengah empat pagi dan dibayar Rp 35.000,00," imbuhnya. Perjalanannya menyanyi dari satu tempat ke tempat lain membuat Iyeth belajar banyak hal, termasuk mempelajari beragam genre musik.

"Dari situ, saya jadi banyak belajar. Bukan hanya menyanyikan lagu lagu tradisional, tapi macam macam genre. Karena kan tuntutan pekerjaan," papar dia. Dilansir , Iyeth memiliki tiga putri. Iyeth Bustami menikah dengan salah satu personil grup dangdut G4UL, Eka Sapta Nugraha, pada 2004.

Rumah tangga mereka dikaruniai 3 buah hati perempuan yang dibesarkan dengan penuh kasih sayang. Ketiganya bernama Zaviena Bintang Nugraha, Maoula Loviyeka Nugraha, dan Kayra Safwa Nugraha. Kamis (6/7/2017) malam, Iyeth mengisi acara diIndosiaryang bertajuk "Suara EmasIyethBustami".

Selain Iyeth, ada banyak penyanyi dangdut papan atas lainnya yang memeriahkan acara. Mereka adalah Erie Suzan, Fildan Bau Bau pemenang "D'Academy 4", G4UL, dan banyak lainnya. Ketiga anakIyethBustamijuga hadir dan mempersembahkan sebuah lagu untuk sang ibu.

Setelah selesai bernyanyi, ketiganya sempat mengobrol dengan para pemandu acara. Saat itu, acara dipandu oleh Melaney Ricardo, Evan Sanders, dan Ibnu Jamil. Usai bercanda ria, Iyeth Secara blak blakan mengungkapkan bahwa salah satu anaknya ternyata suka main ke hotel.

Penyanyi 42 tahun itu menjelaskan, sang anak memang suka bermain di hotel karena ada kolam renangnya. Anak yang dimaksud Iyeth adalah si bungsu Kayra yang masih berusia 8 tahun. "Jangan salah, kecil kecil gini anak saya suka main di hotel," ujar Iyeth di atas panggung.

Penonton dan para host pun langsung heboh menanggapi pengakuan Iyeth. "Suka soalnya bisa berenang, ada kolam renangnya," kata Kayra menimpali ibunya. "Kan di rumah ada kolam renang juga," jawab Iyeth.

"Mah, jangan bohong mah," sela anak sulung Iyeth, Zaviena. Ucapan Zaviena membuat tawa seisi studio pecah sehingga suasana menjadi lebih ceria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *