Ribuan Bikers Meriahkan Event Cerdas Cermat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR

Ribuan bikers dari berbagai komunitas memeriahkan kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang dikemas dengan konsep cerdas cermat ala milenial di gedung Nusantara IV MPR RI, Minggu (23/2/2020). Empat pilar MPR RI terdiri dari Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Komunitas bikers yang ngumpul di event ini berasal dari beragam klub motor, mulai dari motor berkapasitas mesin besar sampai motor ber cc kecil seperti skutik.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan yang terdiri dariPancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam wujud cerdas cermat ini diikuti sekitar 82 tim dari komunitas bikers memperebutkan hadiah utama motor Harley Davidson dan hadiah lainnya seperti skutik Yamaha dan skutik listrik Gesits untuk juara 1 sampai 3 dan tiga juara favorit untuk tiga yel yel terbaik dari tim peserta. Event ini dibuka langsung oleh Wapres Maruf Amin dan sambutan oleh Dewan Pembina Motor Besar Indonesia (MBI) Bambang Soesatyo. "Ini menjadi kehormatan bagi kami klub motor, event ini dibuka oleh Wapres. Sangat jarang sekali Wapres bisa hadir di event semacam ini. Saya bersyukur pada rekan bikers seluruh Indonesia baik dari motor ber cc kecil maupun besar yang bersedia berpartisipasi di event ini," ujarCapt Bimo Seno, Sekjen MBI.

Dia menjelaskan, event ini untuk menyosialisasikan empat pilar kebangsaan dan membangun semangat dan rasa nasionalisme di antara sesama bikers. "Wapres tadi berpesan agar event ini bisa berkesinambungan di event event lain. Kita bersyukur event ini berlangsung lancar aman dan nyaman tanpa gangguan," ujarnya. "Event hari ini diikuti sekitar 4000 5000 bikers, khusus untuk hari ini saja. Total tim ada 82 klub motor untuk lomba cerdas cermat yang sudah kita pilih 3 terbaik dan 3 juara favorit."

"Untuk yel yel kita pilih 3 juara favorit terbaik.Kegiatan ini sepenuhnya dari MBI dan Gerak BS. Pihak sekretariat MPR RI berperan menyiapkan tempat," beber Capt Bimo. Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Komjen Pol (Pur) Nanan Soekarna mengaku bangga bisa berpartisipasi di event ini. Dia menilai, penyampaian sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ke kalangan bikers dengan metode cerdas cermat semacam ini membuat materi yang disampaikan jadi mudah diserap karena dipadukan dengan hobi motor.

"Orang kalau suka dan senang itu pasti cepat nangkapnya. Ini kita awali ke anak anak komunitas. Secara spontan kami tadi menjawab tantangan Wapres, bikin dua deklarasi untuk tanamkan empat pilar dalam jiwa masing masing komunitas," ujarnya. Nanan mengajak bikers menjadikan Pancasila dan NKRI sebagai semboyan dan nilai nilai kita bersama, dan diikuti sikap patuh pada UU lalu lintas demi keselamatan bersama di jalan raya. "Kenapa perlu? Karena setiap tahun itu ada 25.000 orang meninggal dan didominasi sepeda motor karena memang itu yang banyak jumlahnya," ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *