Tersinggung Disuruh Berhenti Urus Kotak Amal Fakta-fakta Imam Masjid Tewas Dibacok Jemaahnya di OKI

Ketua imam Masjid Nurul Iman, Kelurahan Tanjung Rancing, Kecamatan Kayuagung, Ogan Komering Ilir (OKI), M Arif meninggal dunia setelah ditikam oleh seorang yang diduga sebagai pencuri kotak amal. Arif meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit Muhammad Husein kota Palembang sejak Jumat (11/9/2020) malam. Ia meninggal pada Senin dini hari pukul 04.30 pagi tadi.

"Sebelumnya beliau telah menjalani operasi di bagian kepala tepatnya di belakang kuping. Pada saat itu darah yang mengalir cukup banyak," jelas H Abunawas, wakil ketua imam masjid Nurul Iman, Senin (14/9/2020) pagi. Pelaku bernama Mahmudin (50) melakukan aksi pembacokan terhadap sesama rekan pengurus masjid bernama M. Arif (59). Mahmudin tersinggung setelah Arif memintanya tidak lagi terlibat dalam penyimpanan kotak amal di masjid tersebut.

"Saya bersama korban sama sama pengurus masjid. Bahkan sudah sekitar 4 tahun menjadi pengurus masjid di bagian kotak amal," kata pelaku. Dalam rekaman tersebut diterangkan pelaku, kekesalannya bermula tadi siang ketika korban tiba tiba mengambil kunci kotak amal darinya sembari melontarkan kata kata. "Dia ngomong kesaya 'kau dak usah lagi di bagian kunci kotak amal'. Karena sangat tersinggung akhirnya nekat membacoknya saat sedang salat magrib sebanyak 2 kali," tuturnya.

Pelaku telah empat tahun menjadi pengurus masjid tersebut. Dari kejadian tersebut, masyarakat sekitar sempat panik dan heboh serta video viral berseliweran di jejaring sosial media. Saat itu pelaku pulang mengambil sebilang parang dan kembali lagi ke masjid lalu menebas sang imam.

Saat ini pelaku sudah diamankan dan sedang dalam pemeriksaan polisi. "Saat ini pelaku sedang di BAP untuk dimintai keterangan mengenai motif pembacokan tersebut," kata AKP Tarmizi. Selain membekuk pelaku, polisi juga mengamankan sebilah parang yang diduga digunakan pelaku dalam melakukan aksinya.

Diberitakan sebelumnya video peristiwa penangkapan yang viral di media sosial, menunjukkan pelaku yang mengenakan baju koko dan celana panjang digiring beberapa petugas kepolisian. Diketahui pria tersebut diamankan, lantaran melakukan pembacokan terhadap pengurus masjid di Kelurahan Tanjung Rancing, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir. Arif meninggal tiga hari setelah ia dibacok oleh teman sendiri

Dikatakan lebih lanjut, jenazah rencananya akan segera dibawa pulang dan di kebumikan di Desa Tanjung Lubuk, Kecamatan Tanjung Lubuk, Kabupaten OKI. "Jenazah sedang di salatkan, dan saat ini masih menunggu surat dari desa yang sebentar lagi akan dikirimkan. Setelah itu selesai baru jenazah di berangkatkan ke Desa Tanjung Lubuk," "Tidak ada dari rumah sakit yang menyatakan jenazah harus dimakamkan dengan protokol kesehatan Covid 19," terang Abunawas wakil M Arif di masjid Nurul Iman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *