Timnas Thailand Incar Bek Liga Swedia Gagal Diperkuat Elkan Baggot yang Pilih Indonesia

Pemain berdarah Inggris,Elkan Baggott lebih memilih bergabung timnas U 19 Indonesia ketimbang Timnas Thailand. Elkan Baggott resmi bergabung dengan timnas U 19 Indonesia asuhan Shin Tae yong. Pemain keturunan Inggris Indonesia itu bahkan telah tiba di Jakarta untuk mengikuti pemusatan latihan bersama timnas U 19 Indonesia.

Dia diproyeksi memperkuat timnas U 19 Indonesia pada ajang Piala Asia U 19 yang akan digelar di Uzbekistan, Oktober mendatang. Gagal diperkuat Elkan, Timnas Thailand kini dikabarkan mengincar Anthonio Sanjairag. Sebelum resmi berlabuh ke Indonesia, Elkan Baggott sempat dikabarkan juga dibidik timnas Thailand.

Pada Maret 2020 lalu, media Vietnam, The Thao247, menyebarkan rumor bahwa timnas Thailand bersaing dengan timnas Indonesia untuk menaturalisasi Elkan Baggott. Kabar itu lalu menyebar ke media media lain di kawasan Asia Tenggara. Menurut rumor tersebut, timnas Indonesia dan Thailand tengah memantau pemain berusia 17 tahun itu untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Elkan Baggott merupakan bek yang lahir di Thailand pada 25 Oktober 2004. Ibu Elkan Baggott adalah orang Indonesia, sedangkan ayahnya merupakan warga negara Inggris. Meski lahir Thailand, Elkan Baggott sebenarnya tak pernah tinggal di negara tersebut.

Kini, bek berpostur jangkung itu tercatat sebagai pemain klub Inggris, Ipswich Town. Timnas Thailand sempat tertarik menaturalisasi Elkan Baggott karena sang pemain terlahir di sana. Akan tetapi, Baggott lebih memilih Indonesia karena merupakan negara ibunya.

Setelah kehilangan Elkan Baggott, timnas Thailand pun dikabarkan mengganti bidikannya ke bek muda keturunan negara itu yang bermain di Liga Swedia, Anthonio Sanjairag. Sanjairag merupakan pemain kelahiran 16 April 2002 yang memiliki garis keturunan dari Swedia dan Thailand. Sama halnya dengan Elkan, Anthonio merupakan bek tengah yang punya postur tinggi, mencapai 187 cm.

Sanjairag bermain untuk klub Swedia, Djurgardens IF. Walau ia masuk ke skuad U 19, tetapi dia juga pernah membela tim utama. Meskipun begitu, belum ada konfirmasi resmi apakah Sanjairag benar benar akan dibidik timnas Thailand sebagai pemain naturalisasi atau tidak. Sementara itu, keinginan Elkan Baggott membela timnas Indonesia sudah digaungkan sejak Maret 2020.

"Saya harap saya bisa bermain untuk timnas Indonesia di masa depan," ujar Elkan dilansir BolaSport.com dari Zing . "Pertama tama, saya ingin masuk dalam skuad timnas U 20 yang akan bermain di Piala Dunia U 20 2021," ucapnya lagi. Akhirnya, keinginan pemain berposisi bek itu terwujud pada Selasa (21/7/2020).

Nama Elkan Baggott menjadi salah satu dari 46 nama pemain yang dipanggil Shin Tae yong untuk pemusatan latihan (TC) timnas U 19 Indonesia. Kini, Elkan sudah tiba di Indonesia dan siap mengikuti TC timnas U 19 yang rencananya dimulai 1 Agustus 2020. "Beberapa kata saja (yang saya tahu). Enggak begitu (bisa berbahasa Indonesia)," kata Elkan Baggott yang menjelaskan kendala bahasa sebelum ke Indonesia, dilansir Bolasport.com dari YouTube Yussa Nugraha.

"Tapi kalau orang bilang sesuatu kepada saya, saya mungkin bisa mengerti beberapa kata," tambahnya. Meski saat ini sedang berkarier di Inggris, tepatnya di Ipswich Town, Elkan Baggott ternyata mengawali perkenalannya dengan sepak bola di Indonesia. Pemain 17 tahun itu pertama kali bergabung dengan SSI Arsenal di Jakarta. Kemudian, Elkan Baggott bermain di Sunday League Inggris (kompetisi amatir), sebelum akhirnya bergabung di Ipcwich Town sejak usia 14 tahun. ( )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *