TVRI SD Kelas 4-6 Materi Volume Bangun Ruang Jawaban Soal Berapa Liter Volume Akuarium Tersebut

Berikut jawaban soal berapa liter volume akuarium tersebut dalam Belajar dari Rumah TVRI SD kelas 4 6. Untuk Belajar dari Rumah TVRI SD kelas 4 6 pada Jumat, 15 Mei 2020 hari ini, akan membahas materi Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Volume Bangun Ruang. Salah satu soal dalam materi Volume Bangun Ruang ini adalah : berapa liter volume akuarium tersebut?

Selain pertanyaan tersebut, terdapat 2 soal lainnya dalam materi Belajar dari Rumah SD kelas 4 6 tersebut. Dalam Belajar dari Rumah TVRI SD kelas 4 6 ini, siswa nantinya diberikan pembelajaran tentang mengukur volume bangun ruang seperti kubus, balok, prisma segitiga, dan tabung. Sebuah penampungan air berukuran panjang 120 cm, lebar ¾ m, dan tinggi 80 cm.

Di dalam bak masih terdapat air ⅓ bagian. Bak tersebut akan diisi air sampai penuh. Berapa liter air yang diperlukan untuk mengisi bak tersebut hingga penuh?

Ayah membuat sebuah akuarium berbentuk prisma segitiga, dengan ukuran panjang alas 45 cm, tinggi alas 40 cm, dan tinggi prisma 65 cm. Berapa liter volume akuarium tersebut? Ibu membeli susu kaleng berbentuk tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 17 cm.

Di dalam kaleng tersebut terdapat ruang rongga 3 cm dari tutup atasnya. Berapa volume susu dalam kaleng tersebut? Diketahui:

Panjang = 120 cm Lebar = 3/4 cm = 75 cm Tinggi = 80 cm

Isi air di bak = 1/3 bagian Ditanyakan: berapa liter air yang diperlukan untuk mengisi bak tersebut hingga penuh? Cara mengerjakan:

Rumus volume balok = p x l x t Volume penampung air = 120 cm x 75 cm x 80 cm Volume penampung air = 720.000 cm³ = 720 dm3 = 720 liter

Air yang diperlukan untuk mengisi bak =2/3 x 720 480 liter

Jadi air yang diperlukan untuk mengisi bak sampai penuh adalah 480 liter Diketahui: Panjang alas Akuarium = 45 cm

Tinggi alas Akuarium = 40 cm Tinggi prisma = 65 cm Ditanyakan: berapa liter volume akuarium tersebut?

Cara mengerjakan: Rumus volume prisma segitiga = Luas alas x tinggi Volume = ½ x 45 x 40 x 65

Volume = 58.500 cm3 = 58,5 liter Jadi volume akuarium adalah 58,5 liter Diketahui:

Diameter kaleng = 14 cm Jari jari (r) = 14 cm : 2 = 7 cm Tinggi = 17 cm

Rongga dalam kaleng= 3 cm Tinggi isi susu= 17 – 3 = 14 cm Ditanyakan: berapa susu dalam kaleng tersebut?

Cara mengerjakan: Rumus volume tabung = luas alas x tinggi Volume susu = π × r² × t

22/7 x 7 cm x 7 cm x 14 cm 2.156 cm³ Jadi volume susu dalam kaleng tersebut adalah 2.156 cm³

PAUD dan Sederajat : Jalan Sesama: Berputar dan Terus Berputar SD Kelas 1 3 : Belajar Menyimak SD Kelas 4 6 : Gemar Matematika: Volume Bangun Ruang

SMP dan Sederajat : Pesona di Balik Enceng Gondok SMA dan Sederajat : Pembelajaran Usaha Kaus Tie Dye dan Furnitur Keluarga Indonesia Parenting : Ragam Orang Tua

Dikutip dari Pedoman Belajar dari Rumah Melalui TVRI yang dirilis Kemendikbud, berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan: 1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.

2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukakan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya. Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.

3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.

Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan: 1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.

2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak. 3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesaian, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku.

Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut. 4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *