Kehadiran Ramac 305 Berat 1 Ton Komputer Pertama yang Gunakan Harddisk Hari Ini dalam Sejarah

<div ><div id='Informasiawal'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> Perusahaan teknologi Amerika, IBM, pada 14 September 1956 atau tepat 64 tahun silam mengenalkan Ramac 305, komputer komersial pertama yang menggunakan hard disk. Ramac 305 berukuran 16 kaki persegi dan beratnya lebih dari 1 ton.

Karena ukurannya sangat besar, Ramac 305 harus dibawa menggunakan pesawat terbang dan mesin pengangkat. Meski demikian, Ramac 305 adalah tonggak sejarah karena komputer ini sudah meninggalkan sistem penyimpanan dengan punch card. Hard disk Ramac 305 mampu menyimpan data sebesar 5 MB atau setara dengan 64.000 punch card.

Dibuat sebanyak 1.000 unit, Ramac 305 disewakan dengan banderol $3.200 per bulan.[ ] <div ><div id='Punchcarddanmediapenyimpanan'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> Sebelum Ramac 305 muncul, data atau informasi harus dimasukkan dengan menjalankan setumpuk kartu melalui setumpuk kartu berlubang.

Untuk mengakses data kembali, butuh waktu berjam jam, bahkan berhari hari. Ilmuwan membutuhkan media penyimpanan yang lebih cepat dalam memanggil data. Ide mengenai memori magnetik yang cepat diakses sudah muncul sejak akhir tahun 1940 an.

Beberapa perusahaan seperti Engineering Research Associates of St. Paul, Minnesota, telah mengembangkan media penyimpanan drum magnetik. Drum yang berputar ini dapat diandalkan, tetapi lambat. Teknologi yang memungkinkan adanya magnetic core memory kemudian dikembangkan.

Perangkat yang menggunakan kabel dan magnet kecil tersebut memiliki akses data cepat, tetapi tidak dapat menyimpan banyak informasi.[ ] <div ><div id='Kemunculanharddisk'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> Pada tahun 1952, perusahaan teknologi Amerika Serikat, IBM, memulai riset baru di lab.

Mereka kemudian menggunakan cakram berputar yang dilapisi material magnetik. Titik magnetik di cakram akan mewakili karakter data. Sebuah lengan magnetik diletakkan di atas titim dan membaca data ketika cakram berputar dengan kecepatan tinggi.

Namun, mereka harus mencari material yang cocok untuk cakram tersebut. Setelah mengalami kegagalan beberapa kali, mereka akhirnya menggunakan dua cakram alumunium yang dilekatkan jadi satu, dan berhasil. Masalah selanjutnya adalah lengan pembaca cakram, yang tidak boleh menyentuh cakram karena akan merusak data.

Namun, masalah akhirnya bisa diatasi dan mereka menemukan jalan untuk membangun random acces memory yang bisa diandalkan. Karena cakram tunggal tidak bisa menyimpan cukup data, mereka membuat perangkat yang bisa menyimpan 16 cakram yang ditumpuk secara horizaontal. Ada ruang sangat kecil di antara tiap cakram.

Perangkat penyimpan itu jadi dan berukuran dua lemari es rumahan. Cakram di dalamnya berputar 1.200 kali tiap menit dan bisa mengakses 100.000 bit data per detik. Perangkat tersebut menjadi nenek moyang hard disk modern.[ ]

<div ><div id='Ramac305diperkenalkan'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> Media penyimpanan itu dinamakan 350 Disk Storage Unit. IBM kemudian membuat komputer yang dilengkapi 350 Disk Storage Unit dan dinamakan Random Access Memory AC atau Ramac.[ ]

Ramac 305 diperkenalkan pada 14 September 1956 dan memiliki berat lebih dari 1 ton. Media menyimpanannya mampu menyimpan data sebesar 5 MB. Ramac adalah superkomputer pertama yang memiliki hard disk.

Karena sangat besar, Ramac 305 harus dibawa menggunakan pesawat terbang. 350 Disk Storage miliknya berukuran 1,5 meter persegi. IBM menyewakannya dengan harga $3.200 per bulan.

Ada lebih dari 1.000 Ramac 305 yang dibuat dan produksinya dihentikan pada tahun 1961. Sistem ini digantikan IBM 1401 yang menggunakan 1405 Disk.[ ] <div >

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *