Komisaris Baru PLN Mengenal Sosok Muhammad Yusuf Ateh & Mohammad Rudy Salahuddin

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memutuskan mengangkat dan menetapkan Muhammad Yusuf Ateh dan Mohammad Rudy Salahuddin sebagai Komisaris PLN. Hal itu sesuai dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN pada 23 September 2020. Muhammad Yusuf Ateh sebelumnya menjabat Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Ateh dilahirkan di Jakarta, pada 9 Agustus 1964. Ia lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (1986), berlanjut ke Diploma IV STAN, dan menyelesaikan Master Business Administration di University of Adelaide, Australia (2001). Pada 2016, Ateh mengambil S3 Ilmu Administrasi di Universitas Indonesia.

Dia berkarier cukup lama di Kementerian PAN RB. Pada 2009, ia menjabat Kepala Pemantauan dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Aparatur Wilayah Timur II, Deputi Akuntabilitas Aparatur. Setelah itu ia menjadi Inspektur, dan terakhir Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan.

Ateh tercatat sebagai salah satu anggota Dewan Pengawas di Perum Peruri, perusahaan pencetak uang milik negara pada September 2019. Ateh juga turut dalam pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), tetapi tidak terpilih. Sementara Mohammad Rudy Salahuddin sebelumnya menjabat Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Mohammad Rudy Salahuddin lahir di Jakarta pada tanggal 11 Juli 1968. Ia menempuh pendidikan Sarjana Teknik Sipil di Universitas Indonesia (1993). Kemudian dia menyelesaikan pendidikan Magister di bidang Engineering Management di The George Washington University, Washington DC dengan gelar Master of Engineering Management (MEM) (1995).

Pendidikan Doktoral ditempuhnya di universitas yang sama dan meraih gelar Doctor of Science (DSc) (2002). Dia juga menjadi Komisaris di beberapa perusahaan, antara lain PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk. dan PT. PNM Venture Capital, serta menjadi Dosen di beberapa Perguruan Tinggi di Jakarta. "Keluarga Besar PLN mengucapkan selamat bertugas dan akan mendukung penuh Muhammad Yusuf Ateh dan Mohammad Rudy Salahuddin sebagai Komisaris PLN," kata Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi dalam pernyataannya, Sabtu (26/9/2020). "PLN juga terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan prima bagi seluruh pelanggan di Tanah Air, serta mengejar target rasio elektrifikasi 100 persen," tambahnya.

Berikut Susunan Lengkap Komisaris PLN: 1. Amien Sunaryadi – Komisaris Utama/Komisaris Independen 2. Suahasil Nazara – Wakil Komisaris Utama 3. Deden Juhara Komisaris Independen 4. Dudy Purwagandhi – Komisaris 5. Ilya Avianti – Komisaris 6. Mohammad Ikhsan – Komisaris 7. Mohammad Rudy Salahuddin Komisaris 8. Muhammad Yusuf Ateh – Komisaris 9. Murtaqi Syamsuddin – Komisaris Independen 10. Rida Mulyana – Komisaris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *