Papan Pemotongan Ikan Salmon Diduga Jadi Sumber Virus Beijing Waspada Gelombang 2 Wabah Corona

Ibu Kota China, Beijing, kini melakukan lockdown di sejumlah kawasan pemukiman pascaditemukannya klaster baru virus corona. Selain itu pemerintah setempat memperbanyak pengujian Covid 19 untuk menahan laju virus ini. Dikutip dari , Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kota ini telah mengantongi lebih dari 100 kasus infeksi Covid 19 baru.

Padahal selama lebih dari tujuh minggu, Beijing hanya melaporkan infeksi impor atau orang dari luar negeri. Kepala program kedaruratan WHO, Mike Ryan, mengatakan klaster baru selalu menjadi perhatian. "Tapi apa yang kami lakukan adalah melihat tanggapan langsung terhadap hal itu dan serangkaian tindakan komprehensif," tambahnya.

Gelombang wabah baru ini dikaitkan dengan pusat grosir terbesar di Beijing, Xinfadi. Media lokal mengatakan virus itu ditemukan di papan potong yang digunakan untuk memotong salmon impor di dalam pasar. Pascamuncul pemberitaan itu, banyak supermarket besar di Beijing mengeluarkan ikan ikan yang dibeli dari pasar tersebut.

Manajer umum pasar dan beberapa pejabat lokal di sana diberhentikan. Menyoal dugaan sumber virus, Ryan dan WHO sangat hati hati mengomentari asal muasal wabah ini. Dia mengatakan kabar tentang virus berasal dari papan pemotongan salmon dan kemasannya hanyalah hipotesis.

Para ahli kesehatan menilai kontaminasi silang sebagai penyebab yang lebih realistis terhadap kemunculan virus corona kembali. Kepala ahli epidemiologi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok (CDC) mengatakan jenis virus yang ditemukan di Beijing tidak menyerupai jenis yang beredar di seluruh negara itu. Atas pernyataan itu, WHO mendesak China agar berbagi urutan genetik dari jenis virus tersebut.

Sabtu lalu, pasar yang diduga klaster baru virus dikunci, begitu pula lingkungan di sekitarnya. Kemudian pada Senin nya, Beijing mendirikan hampir 200 tempat tes. Petugas telah menghubungi setidaknya dan 200.000 orang pengunjung pasar sejak akhir Mei.

Para relawan di pos pemeriksaan keamanan juga mengetes suhu warga sekitar. Penguncian juga telah diperluas ke 21 kompleks perumahan yang dekat dengan pasar. Pusat kebugaran dan hiburan di seluruh Beijing telah diperintahkan untuk ditutup.

Sekolah sekolah juga ditutup kembali. Kekhawatiran datangnya wabah kedua muncul disaat Beijing berusaha untuk kembali ke kehidupan normal. China merupakan pusat kemunculan virus corona, dimulai dari Kota Wuhan, Hubei.

Namun, setelah virus menyebar di berbagai belahan dunia, infeksi dan kematian menurun drastis di China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *