July 24, 2021

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Perusahaan Keuangan di Jepang Tawarkan Libur Akhir Pekan hingga Empat Hari

Liburan akhir pekan menjadi momen melepas penat setelah seminggu bekerja. Demikian pula bagi pegawai kantor dengan jadwal kerja padat. Ditengah kesibukan bekerja, setidaknya beri sedikit waktu untuk dirimu istirahat dan liburan.

Namun bagi karyawan lembaga keuangan, mencari waktu untuk libur panjang biasanya cukup sulit. Itulah yang membuat Mizuho Financial Group, perusahaan jasa keuangan terbesar di Jepang menawarkan libur akhir pekan hingga empat hari bagi karyawannya. Biasanya merekahanya mendapat jatah libur dua hari setiap akhir pekan.

Saat ini perusahaan mengikuti pergeseran ke arah peningkatan telecommuting sejak awal pandemi virus corona. Perusahaan ini memiliki sekitar 45 ribu karyawan yang bekerja pada Muzuho Bank, Mizuho Trust and Banking, Mizuho Securities dan tiga perusahaan lain dalam korporat Mizuho Financial. Setiap karyawan diberi opsi liburan akhir pekan tiga hingga empat hari.

Meski tugas dan pekerjaan karyawan berkurang pada masa pandemi, perusahaan tetap menjaga semua berjalan secara proporsional termasuk soal gaji. Karyawan yang memilih libur akhir pekan tiga hari (empat hari kerja dalam seminggu), akan menerima 80 persen dari gaji normal mereka. Sementara yang memilih bekerja tiga hari dan libur akhir pekan empat hari maka menerima gaji 60 persen.

Jadi pihak Mizuho tidak memaksa karyawan tetap bekerja selama lima hari. Setiap individu boleh memilih waktu kerja efektif yang terbaik bagi mereka, pilihannya libur akhir pekan dua hari, tiga hari dan empat hari.