171 172 173 174 175 176 177 178 179 KUNCI JAWABAN Tema 1 Kelas 4 SD Buku Tematik Subtema 3 Halaman

Simak kunci jawaban Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 4 SD/MI, Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Indahnya Kebersamaan. Tema 1 membahas tentang Indahnya Kebersamaan, dan Subtema 3 tentang Bersyukur atas Keberagaman. Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 ini terdapat pada halaman 171, 172, 173, 174, 175, 176, 177, 178 dan 179 buku siswa.

Bagaimana di tempat tinggalmu? Apakah kamu juga menemukan permainan sejenis Engklek? Disebut apakah permainan Englek di lingkungan tempat tinggalmu? Sebelumnya kamu juga telah belajar keterampilan dasar yang diperlukan dalam permainan Engklek. Apa saja keterampilan dasar tersebut? Diskusikan secara berpasangan dan tuliskan hasilnya. Keterampilan dalam permainan Engklek antara lain: kelincahan dalam metompat, ketelitian agar tidak menginjak garis, dan kecerdasan saat memilih rumah.

Keterampilan dasar yang diperlukan agar bisa bermain dengan lancar, di antaranya seperti: Keseimbangan Akurasi Kejelian Kaki yang kuat Waspada memperhatikan garis Salah satu alat yang digunakan dalam permainan Engklek adalah Gacuk. Gacuk tersebut dilemparkan ke kotak kotak tertentu pada kotak kotak yang terdapat pada pola sesuai aturan bermain. Pada permainan kali ini kamu akan mempraktikkan memindahkan Gacuk dengan menendang. Perhatikan penjelasan dan peragaan dari guru.

Selain itu, kamu akan bermain Engklek dengan pola petak yang berbeda beda. Sebelumnya, perhatikan pola petak Engklek berikut. (gambar pada buku hal 172) Tulis pengalamanmu bermain Engklek bersama teman temanmu dengan menjawab pertanyaan berikut.

1. Keterampilan dasar apa saja yang kamu perlukan dalam bermain Engklek? Jelaskan. Kelincahan dalam melompat, ketelitian agar tidak menginjak garis, dan kecerdasan saat memilih rumah. 2. Apakah kamu dapat melakukan keterampilan dasar tersebut dengan baik? Jelaskan.

Iya, saya dapat melakukan keterampulan dasar permainan Engklek dengan baik. 3. Apa rencanamu untuk meningkatkan keterampilan tersebut di masa yang akan datang? Banyak berlatih keseimbangan, kejelian, kelincahan dan melompat.

4. Sikap apa saja yang harus kamu tunjukkan ketika bermain Engklek dengan teman yang berbeda beda? Tidak bermain curang, saling menghargai dan tidak membeda bedakan teman. 5. Apakah dalam permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari pemainnya? Jelaskan.

Permainan Engklek merupakan permainan yang bersifat individu untuk memainkannya. Permainan Engklek akan berusaha untuk mencapai kotak teratas pada kotak permainan Engklek. Karena permainan Engklek merupakan permainan tradisional yang bersifat individu, maka dalam permainan tidak diperlukan adanya kerja sama. 6. Apa yang terjadi jika tidak ada kerja sama yang baik antara pemain Engklek? Permainan Engklek tetap berjalan dengan baik, karena Engklek merupakan permainan yang bersifat individu, maka dalam permainan Engklek tidak diperlukan adanya kerja sama.

Soal ini memiliki jawaban yang beragam. Sekarang dengarkan gurumu membacakan kembali cerita tersebut. Buatlah ringkasan dari teks lisan tentang Wedang Jahe tersebut pada bagan berikut dengan menuliskan kembali terlebih dahulu gagasan pokok dan gagasan pendukung. Jawaban relatif berbeda susuai dengan cerita guru.

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahi kita keragaman, yaitu keragaman suku, agama, sosial dan budaya, hingga makanan tradisional. Keragaman tersebut perlu kita hargai dan syukuri. 1. Bagaimana caramu bersyukur atas keberagaman yang ada? Jelaskan. Menghargai, melestarikan, dan menjaga apa yang diberikan Tuhan kepada kita.

2. Apa manfaat yang kamu peroleh dari keberagaman yang ada? Keberagaman yang ada bermanfaat untuk alat pemersatu bangsa dan menumbuhkan sikap nasionalisme. 1) Ukur masing masing sudut pada bangun berikut menggunakan busur. Catat hasilnya pada tabel.

Gambar A Sudut a: 70 derajat Sudut b: 45 derajat Sudut c: 65 derajat Gambar B Sudut d: 110 derajat Sudut e: 23 derajat Sudut f: 47 derajat Gambar C Sudut g: 45 derajat Sudut h: 135 derajat Sudut j: 45 derajat Sudut k: 135 derajat

Gambar D Sudut m: 115 derajat Sudut n: 65 derajat Sudut p: 90 derajat Sudut q: 90 derajat 2) Tentukan besar masing masing sudut bangun berikut tanpa mengukur. 1. Besar sudut C adalah: 35 derajat = 180 (80 + 65) = 180 145 = 35 derajat

2. Besar sudut C adalah: 33 derajat = 180 (110 + 37) = 180 147 = 33 derajat 3. Besar sudut C adalah: 105 derajat = 360 (70 + 70 + 115) = 360 255 = 105 derajat 4. Besar sudut C adalah: 34 derajat = 360 (120 + 86 + 120) = 360 326 = 34 derajat

3) Tulislah 3 sifat bunyi yang kamu ketahui 1. Bunyi merambat melalui benda padat, cair dan gas 2. Bunyi dapat dipantulkan 3. Bunyi dapat diserap 4. Bunyi dapat dipadukan 4) Jelaskan proses terjadinya bunyi.

Bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara.

Benda benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi. 5) Apakah yang dimaksud dengan bunyi pantul? Bagaimana proses terjadinya? Jelaskan. Bunyi pantul adalah bunyi yang terdengar kembali kepada sumber bunyi berasal.

Bunyi pantul terjadi jika dalam perambatannya dihalangi oleh benda yang permukaannya keras seperti kayu, kaca, dinding, atau besi. 6) Bagaimana caramu membuat ringkasan dengan baik berdasarkan teks lisan? Jelaskan. Mendengarkan teks dengan seksama.

Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Mengetahui kesan umum dari teks. Menuliskan kalimat baru berdasarkan kesan umum dan gagasan pokok.

7. Apa persamaan dan perbedaan dalam membuat ringkasan teks tertulis dan teks lisan. Jelaskan. Teks Tertulis (lingkaran kiri): Membaca teks dengan seksama sekali atau dua kali. Teks Lisan (lingkaran kanan): Mendengarkan teks yang dibacakan dengan seksama.

Teks Tertulis dan Lisan (kolom tengah): Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Mengetahui kesan umum dari teks. Menuliskan kalimat baru berdasarkan kesam umum dan gagasan pokok.

8) Sebutkan contoh contoh keberagaman yang telah kamu pelajari. Keberagaman suku bangsa seperti Jawa, Sunda, Minangkabau, Bali, Ambon, dsb. Keberagaman bahasa seperti bahasa Aceh, bahasa Betawi, bahasa Jawa, dll.

Keberagaman agama seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghuchu, dll. 9) Apa sikap yang perlu kamu terapkan ketika bekerja sama dengan temanteman yang berbeda? Jelaskan. Kita harus saling menghargai walaupun memiliki perbedaan.

Selain itu, kita sebaiknya mementingkan kepentingan umum dan tidak memaksakan kehendak sehingga kekompakan dan persatuan tetap terjaga. 10) Bagaimana kamu mensyukuri keberagaman yang ada di sekitarmu? Kita dapat mensyukuri keberagaman dengan saling menghargai dan menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang saling melengkapi dan pemersatu.

Ayo Renungkan Bagaimana menyikapi keberagaman dan perbedaan yang ada di sekitarmu? Jelaskan contoh sikap yang menunjukkan menghargai perbedaan.

Bagaimana caranya agar kamu dapat hidup berdampingan dengan temanteman yang mempunyai latar belakang budaya, sosial, dan agama yang berbeda denganmu? Sampaikan hasil refleksimu selama belajar satu pekan ini kepada orang tuamu di rumah. Sampaikan bagaimana perasaanmu saat belajar, apa yang sudah kamu pelajari, dan kegiatan apa saja yang sangat bermanfaat dan sangat menarik bagimu.

Minta orang tuamu menulis pendapat mereka tentang ceritamu. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *