September 24, 2021

Bedaya-re.com

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Ketahui Syarat dan Tahapan Tes Sebelum Menjadi Pramugari

Banyak perempuan di dunia yang memiliki cita-cita sebagai pramugari. Ini memang pekerjaan menjanjikan dan mengasyikan. Sebab banyak yang berpikir, selain bekerja, juga bisa datang ke kota-kota berbeda setiap harinya. Memiliki karir seperti ini ternyata harus mengikuti sekolah pramugari.

Mungkin, tidak banyak yang mengetahui perihal sekolah pramugari ini. Karena jenjang sekolahnya berbeda dengan seperti saat seseorang kuliah.

Menempuh pendidikan staf penerbangan menjadi pramugari sendiri ternyata bukan hal gampang. Bahkan, untuk lolos seleksi dan bekerja sebagai pramugari harus melalui serangkaian tes yang ketat.

Selain itu, seorang pramugari juga dituntut untuk menjadi seorang yang cekatan. Tanggap atas segala situasi. Mudah dalam menyerap informasi yang beredar.

Tahapan Tes Dalam Pendidikan Staf Penerbangan di Sekolah Pramugari

Jika Anda berencana untuk menempuh pendidikan sebagai staf penerbagan di sekolah pramugari, ada syarat dan tes yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Adapun syarat utama untuk masuk ke sekolah pramugari adalah sebagai berikut:

  • Minimal berusia 17 tahun
  • Telah lulus SMA/SMK sederajat
  • Sehat jasmani dan juga rohani
  • Memiliki kecakapan berbahasa Inggris
  • Tinggi untuk perempuan minimal 160 cm
  • Tidak bertato
  • Tidak memakai kacamata
  • Belum menikah

Jika pun setelah melakukan pendidikan pramugari dan berencana untuk melamar kerja di sebuah maskapai. Akan ada tahapan tes selanjutnya yang harus Anda lakukan. Yakni:

Tahap 1 – Tes penampilan

Pada tahap ini, calon pramugari akan dinilai untuk penampilannya. Bagaimana proporsi tubuhnya, gaya berpakaian dan hingga cara berkomunikasi. Anda diwajibkan untuk selalu bersikap ramah dan berpenampilan menarik

Tahap 2 – Psikotes dan uji kemampuan bahasa Inggris

Di sini para calon pramugari akan melakukan ujian psikotes. Biasanya ini dilakukan untuk mengetahui tingkat attitude, personality, interest, dan juga intelijensinya.

Pada tahap ini juga, para calon pramugari akan diuji mengenai kecakapannya dalam berbahasa Inggris. Jadi, bagi kamu yang ingin berprofesi sebagai pramugari, pastikan memiliki kemampuan dalam bahasa ini

Tahap 3 – Wawancara user dan kompetensi

Jika dua tahap di atas sudah terlewati dengan baik, selanjutnya Anda akan menghadapi tes wawancara. Ada dua wawancara yang harus Anda lakukan, yaitu wawancara user dan wawancara kompetensi.

Untuk wawancara user, biasanya calon pramugari akan diberikan pertanyaan mengenai pengetahuannya mengenai maskapai dimana dia sedang melamar.

Sedang untuk wawancara kompetensi, bertujuan untuk mengetahui seberapa layak seorang calon pramugari bekerja di maskapai tersebut.

Menjalani pendidikan staf penerbangan menjadi langkah awal bagi Anda untuk memasuki dunia penerbangan sebenarnya. Disini, Anda akan diajarkan dengan detail, mengenai seluk-beluk pekerjaan sebagai pramugari. Sehingga, ada persiapan sebelumnya sebelum terjun untuk melamar pekerjaan di sebuah maskapai.