3 Pasien Positif Covid-19 Kabupaten Magelang Dibawa Keluarganya buat Dirawat di Jakarta

Tiga pasien positif Covid 19 di Kabupaten Magelang diambil pihak keluarga untuk dirawat di rumah sakit di Jakarta. Tiga pasien merupakan satu keluarga dinyatakan positif beberapa waktu lalu. Mereka terdiri dari laki laki usia 72 tahun, perempuan 63 tahun, dan laki laki usia 14 tahun.

Kasus terkonfirmasi positif pun berkurang dari 8 orang menjadi 5 orang, karena tiga orang pasien baru tersebut alih status dari Kabupaten Magelang ke Jakarta. Koordinator Bidang Operasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan puskesmas di Jakarta terkait kepindahan pasien tersebut. "Iya benar. Ada tiga pasien positif dari Kecamatan Mertoyudan yang satu keluarga itu, sudah diambil pihak keluarga untuk dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta," kata Retno.

"Alasannya agar dekat dengan keluarga yang tinggal di Jakarta. Terkait alih status domisili ini, kami sudah koordinasi dengan Puskesmas Johar Baru Jakarta. Dengan demikian, mereka dicatat di sana (Jakarta). Sedang disini (Magelang), datanya kami coret," kata Retno, Minggu (12/7/2020). Retno menuturkan, sebenarnya terdapat satu lagi pasien positif yang merupakan satu bagian dari keluarga tersebut. Ia adalah anak perempuan usia 9 tahun yang merupakan anak dari asisten rumah tangga keluarga yang terpapar tersebut.

Anak tersebut tetap tinggal di Magelang dan dirawat di RS Merah Putih. "Ada satu lagi, yakni perempuan usia 9 tahun. Namun ia adalah anak dari pembantunya dan tidak dibawa ke Jakarta. Untuk saat ini, ia tetap tinggal di Magelang dan dirawat di Rumah Sakit Merah Putih," ungkapnya. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, mengatakan, pihaknya telah melacak atau tracing terhadap lima tambahan pasien positif terakhir, yakni empat orang dari Kecamatan Mertoyudan dan satu orang Kecamatan Salaman.

Hasil tracing mendapatkan 29 orang yang kontak erat dengan mereka. Sebanyak 21 orang kontak dengan sekeluarga dari Kecamatan Mertoyudan dan delapan orang kontak erat dengan pasien positif dari Salaman. Mereka rencananya akan diswab Senin dan Selasa.

"Hasil tracing kami, ada 29 orang yang kontak erat. Selanjutnya untuk 29 orang itu, senin dan selasa besok akan dilakukan swab. Mohon doanya saja, semoga hasilnya negatif," ujar Retno, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/7/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *