June 24, 2021

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

4 Produk Vaksin Corona yang Telah Mendapatkan Izin di Beberapa Negara

Vaksin corona saat ini menjadi salah satu harapan di berbagai belahan dunia untuk mengatasi ganasnya penyebaran virus Covid-19. Seperti yang kita ketahui, dalam setahun saja virus ini telah mampu membunuh puluhan ribu jiwa di sejumlah negara yang terdampak. Tak hanya itu, dikarenakan penyebaran virus yang begitu cepat, sejumlah negara bahkan terpaksa memberlakukan lockdown.

Keputusan tersebut tak ayal membuat ekonomi di sejumlah negara mengalami penurunan. Bahkan, beberapa dikabarkan telah mengalami krisis akibat pandemi yang melanda setahun lamanya.

Kondisi tersebut tentu sangat memprihatinkan. Maka, perusahaan farmasi dari berbagai negara mencoba untuk membuat vaksin yang bisa mencegah penyebaran virus Covid-19. Sayangnya, baru beberapa bulan terakhir vaksin berhasil ditemukan dan baru beberapa yang mendapatkan izin edar di sejumlah negara.

Lantas, vaksin mana saja yang telah mendapatkan izin untuk disuntikkan ke masyarakat di berbagai negara? Simak uraian berikut ini!

4 Produk Vaksin Corona yang Telah Mendapatkan Izin di Beberapa Negara

  1. Sinovac

Sinovac merupakan vaksin corona yang berasal dari negara China, negara yang pertama kali terdampak virus Covid-19. Selama beberapa bulan di musim panas tahun ini, vaksin ini telah digunakan secara darurat. Sayangnya, vaksin sinovac baru digunakan di beberapa bagian wilayah di China.

Produk vaksin ini diberikan kepada orang-orang yang dianggap sangat rentan terhadap penularan virus Covid-19. Misalnya seperti petugas medis dan petugas pelayanan kota. Pemberian vaksin lewat penggunaan darurat ini dianggap sangat penting untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

  1. Sputnik V

Vaksin Sputnik dibuat oleh perusahaan farmasi asal Rusia dan hingga saat ini masih dilakukan pengujian massal terhadap vaksin ini. Negara tersebut juga telah memberikan izin dan melakukan vaksinasi terhadap masyarakat di awal Desember.

Vaksin ini diklaim tidak menimbulkan efek samping terhadap orang yang menerimanya juga memiliki tingkat efektivitas sebanyak 95%. Lokasi pertama yang mendapat vaksinasi Sputnik V di Rusia adalah Moscow. Di mana, kota tersebut merupakan wilayah yang paling banyak terinfeksi virus Corona.

Walaupun vaksin Corona Sputnik V dianggap mencapai tingkat efektivitas nyaris 100%, tetapi tak sedikit warga Rusia yang masih menyangsikan keamanan dari vaksin ini.

  1. Pfizer/BioNTech

Vaksin ketiga yang mendapatkan izin di beberapa negara yaitu Pfizer/BioNTech asal Amerika Serikat. Vaksin yang dibuat dengan teknologi rekayasa genetika ini diklaim memiliki tingkat efektivitas pencegahan virus Covid-19 sebesar 90%.

Pengembang telah melakukan uji klinis vaksin Pfizer Pfizer/BioNTech dengan menyuntikkannya kepada 43.500 orang dari beberapa negara. Hasil pengujian tersebut menyatakan tidak adanya masalah serius yang terjadi pada tahap akhir pengujian.

  1. Moderna

Vaksin terakhir yang mendapatkan izin di beberapa negara dan baru-baru ini mendapat izin darurat penggunaan di negaranya sendiri yaitu Moderna. Vaksin dari Moderna, Inc asal Amerika Serikat ini diklaim mempunyai tingkat efektivitas pencegahan virus Corona sebesar 94,5%.

Vaksin ini memiliki efek samping terhadap tubuh penerimanya seperti vaksin-vaksin lainnya. Efek tersebut dinyatakan sebagai efek ringan yang terjadi pada umumnya, seperti kelelahan, nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala, hingga beberapa orang mengalami demam. Namun, efek samping tersebut sering ditemukan pada dosis kedua penyuntikan vaksin.

Itulah beberapa jenis vaksin yang telah mendapatkan izin di beberapa negara sebagai upaya pencegahan virus Corona. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait Covid-19, Anda bisa membuka aplikasi atau website Halodoc.

Halodoc adalah sebuah aplikasi dan website di bidang kesehatan yang telah berdiri pada tahun 2016. Perusahaan aplikasi kesehatan yang didirikan oleh Jonathan Sudharta tersebut dapat memberikan solusi kesehatan lengkap atas masalah kesehatan yang Anda alami. Di sana terdapat beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan seperti tes Covid-19, Tanya Dokter, Beli Obat, Cari Dokter, dan lainnya.

Dengan adanya aplikasi dan website seperti Halodoc, solusi kesehatan Anda akan lebih mudah ditemukan. Termasuk hal-hal yang terkait dengan virus dan vaksin Corona. Semoga bermanfaat.