April 14, 2021

bedaya-re

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Achmad Yurianto Sebut WHO Telah Peringatkan Dunia Tentang Koronavirus Jenis Baru Awal Mula Covid-19

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto menceritakan awal mula pandemi Virus Corona atau Covid 19 mewabah di Indonesia. Ada sejumlah fakta terkait temuan koronavirus jenis baru di Wuhan, China dan peringatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang benar saja terjadi di dunia. Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR) angkatan 1990 ini sebelumnya menjabat Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid 19 sejak 12 Maret 20 Juli 2020.

Di mana Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada pertengahan Desember itu sudah memperingatkan ke seluruh dunia bahwa koronavirus jenis baru yang merebak di Wuhan, China, ditetapkan sebagai public health emergency. Saat pertama kali merebak di Wuhan, WHO secara tegas mengingatkan dunia bahwa virus ini sangat berpotensi untuk menyebar dengan cepat. "Bahkan (koronavirus jenis baru) ini bisa menjadi pandemi, dan peringatan WHO itu akhirnya terbukti," kata Yuri.

Yuri menjelaskan, Pemerintah Indonesia saat itu merespon peringatan WHO dengan melakukan penguatan pengawasan di semua pintu masuk negara. Langkah ini dilakukan Pemerintah untuk mencegah masuknya koronavirus jenis baru, mengingat lotus awal Covid 19 tidaklah di Indonesia, tetapi dari China. "Artinya tidak mungkin (Covid 19) masuk sendiri tanpa melalui pintu masuk," ucap Yuri.