June 21, 2021

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Ande Ande Lumut, Dongeng Tradisional Penuh Pelajaran

Memberikan pelajaran atau contoh baik pada anak yang masih kecil tak semudah jika telah memasuki usia sekolah. Cerita ande ande lumut bisa menjadi salah satu cara untuk menyampaikannya. Apalagi dihadirkan dalam bentuk video, sehingga anak lebih mudah dan cepat memahaminya. Cara mudah dan cepat agar anak tak merasa bosan dan lebih dapat menikmatiny seluruh ceritanya. Apalagi dibawakan dalam gambar yang penuh warna dan karakter  sesuai usia anak.

Anak usia 1 hingga 5 tahun merupakan masa pertumbuhan serta perkembangan yang penting untuk masa depannya. Asupan gizi yang baik dan penting menjadi salah satu faktor penting agar dapat berjalan seperti seharusnya. Disampingperkembangan otak, emosi serta psikologi pun perlu Anda perhatikan. Karena pada usia tersebut, anak sedang banyak menyerap apa yang terjadi disekitarnya.

Anak pada usia tersebut sangat rentan dan rawan dalam perkembangan emosi serta lainnya. Dimana anak akan menjadi seorang peniru dari apa yang dilihat, didengar serta dirasakan terhadap sekelilingnya. Tanpa anak mengetahui apa hal tersebut benar atau pun salah, pantas atau tidak. Pada masa itulah peranan orang tua sangat penting untuk mengarahkan anak dari semua yang dialaminya. Karena anak lebih mudah mengerti jika orang tua yang menyampaikannya.

Seperti mengajarkan moral baik pada anak dengan cara mudah melalui sebuah dongeng tradisional. Ande ande lumut salah satu yang bisa Anda ceritakan pada buah hati dengan cara yang menyenangkan. Melalui video yang bisa Anda temukan di website resmi dari susu kesukaan anak Indonesia. Hadir dengan karakter yang lucu, sesuai dengan usia anak yang menyukai tampilan penuh warna.

Bukan hanya di website ini saja, Anda juga bisa menemukan banyak cerita tradisonal yang memiliki pesan moral. Namun, Anda harus ikut menemani saat buah hati menontonnya unutk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena bisa jadi terdapat potongan iklan atau gambar yang tidak diperuntukkan unutk anak. Dengan ibu menemani buah hati menonton dongeng, bisa sekaligus memberi pengajaran.

Manfaat Saat Anak Menonton Dongeng Ande Ande Lumut

Banyak dongeng tradisional atau nusantara yang tak diketahui oleh anak-anak saat ini, tergeser oleh budaya asing yang masuk. Padahal dongeng-dongeng tersebut memiliki banyak pesan moral untuk kebaikan anak. Sayangnya tak banyak orang tua yang menyadari hal tersebut. Meskipun dibutuhkan sebuah keahlian dalam mendongeng agar anak bisa menyukai saat Anda bercerita.

Jika Anda merasa tak memiliki keahlian tersebut, ada cara yang lebih mudah. Seperti mengajak anak menonton video dongeng seperti ande ande lumut. Anda akan mendapat  beberapa manfaat dari sebuah dongeng :

  1. Menanamkan nilai-nilai moral pada anak.
  2. Menanamkan nilai-nilai karakter pada anak.
  3. Membantu perkembangan pola pikir anak.
  4. Anak dapat menyerap sifat positif dari dongeng yang ditonton atau didengarnya.
  5. Memberikan contoh akhlak yang terpuji pada anak.
  6. Anak akan mamapu membedakan hal baik dan buruk sejak masih dini.
  7. Membiasakan dan mendekatkan budaya literasi sejak anak masih kecil.
  8. Anak kelak bisa menjadi seorang pencerita atau penulis cerita.
  9. Mencegah anak kecanduan atau ketagihan bermain gim.

Masih ada banyak lagi manfaat dari sebuah dongeng seperti ande ande lumut yang anak lihat atau dengar sejak kecil. Semua manfaat itu akan terasa ketika anak beranjak besar, karena telah tertanam dalam pikirannya. Karena semua pelajaran atau hal positif tersebut akan terekam dalam memori anak selama berpuluh-puluh tahun. Efeknya tak akan langsung terasa, tapi sedikit demi sedikit anak akan terbentuk kepribadiannya.