June 21, 2021

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

4 Keutamaan Sholat Tahajud Bagi Tubuh Manusia

Kita pasti sudah mengetahui keutamaan sholat tahajud, selain mendekatkan diri kepada Allah, terjaga rohani dan mental kita, diampuni dosa dan dikabulkan semua hajat. Namun, pernahkah Anda mengetahui, bahwa sholat tahajud ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

 

Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud Bagi Kesehatan Tubuh

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah muakkad yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Karena sepertiga malam terakhir dianggap waktunya malaikat turun ke bumi dan terkabulnya berbagai doa.

 

Sholat tahajud juga membuat hamba untuk lebih dekat dengan penciptanya dan mampu mengubah seseorang menjadi sosok rendah diri dan menghindari dosa.

 

Dari semua manfaat dan keutamaan sholat tahajud di atas, ternyata sholat sunnah ini juga sangat baik untuk kesehatan. Berikut manfaat dan keutamaan sholat tahajud.

Mampu mengontrol emosi

Tubuh kita memproduksi senyawa kortisol yang jika terlalu berlebihan akan mampu merangsang depresi. Apa kaitannya dengan sholat tahajud>

 

Ternyata, pada sepertiga malam, kortisol mengalami penurunan sehingga membuat Anda menjadi lebih tenang. Ketenangan ini akan mampu menekan stres Anda, sehingga terhindar dari gangguan kesehatan akibat stres.

Mengatasi diabetes

Salah satu manfaat dari kandungan kortisol adalah meningkatkan kadar gula dan merangsang metabolisme karbohidrat. Apabila kandungan kortisol meningkat, sudah dapat dipastikan gula darah Anda pun ikut naik. 

 

Dengan bangun di sepertiga malam dan melaksanakan sholat tahajud, kortisol akan mampu untuk ditekan. Sehingga, masalah gula atau diabetes juga dapat diatasi.

Mencegah pembengkakan jantung

Kortisol yang berlebih juga mampu merangsang terjadinya pembengkakan jantung. Dengan bangun di pagi buta, mencoba mengontrol diri, dan melaksanakan tahajud, maka kandungan kortisol akan bisa ditekan dan berproses sesuai kadarnya.

Mencegah hipertensi dan hipotensi

Pada sepertiga malam, otak kita akan melepaskan serotonin, melatonin dan beta endorsin. Pelepasan ketiga senyawa ini mampu memberikan ketenangan dan mencegah homeostasis terbangun.

 

Homeostasis adalah senyawa yang mampu membuat seseorang menderita hipertensi, hipotensi dan tekanan darah rendah.

 

Demikian beberapa keutamaan sholat tahajud yang bisa dirasakan tubuh manusia. Sebaiknya, lakukan sholat senyaman mungkin dan tidak terburu-buru. Bukan hanya demi kebutuhan rohani agar lebih dekat dengan Allah. Namun, juga demi kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat.