September 26, 2022

Bedaya-re.com

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Berikut Pentingnya Memahami Competitive Advantage

Tantangan utama dalam strategi bisnis saat ini yaitu adalah untuk menemukan cara dalam mencapai competitive advantage atau keunggulan kompetitif yang berkelanjutan jika dibandingkan dengan produk dan perusahaan lain yang merupakan kompetitor di pasar.

Competitive advantage adalah faktor yang memungkinkan bagi sebuah perusahaan untuk memproduksi jasa maupun barang yang lebih baik ataupun lebih murah jika dibandingkan dengan para kompetitor. Faktor tersebut memungkinkan bagi perusahaan dalam menghasilkan lebih banyak proses penjualan atau keuntungan yang lebih besar jika dibanding pesaing.

Pentingnya Memahami Competitive Advantage

Competitive advantage bisa dikaitkan dengan berbagai macam faktor termasuk di sini merek, struktur biaya, kualitas penawaran produk, kekayaan intelektual, jaringan distribusi serta layanan konsumen. Inilah yang akhirnya membuat perusahaan nantinya bisa mengungguli para kompetitor.

Competitive advantage menghasilkan nilai yang jauh lebih besar untuk perusahaan serta pemegang saham karena hal tersebut memang dirasa sangat penting. Jika perusahaan Anda bisa menjaga competitive advantage yang berkelanjutan maka akan makin sulit untuk para pesaing bisa menyamai pencapaian dari perusahaan Anda. Terdapat dua jenis utama dari competitive advantage yaitu comparative advantage dan differential advantage.

Kemampuan perusahaan di dalam menghasilkan jasa maupun barang dengan lebih efisien dibandingkan pesaing yang mengarah pada keuntungan lebih besar dikenal dengan nama comparative advantage.

Comparative advantage di sini sangat dipengaruhi oleh sistem internal yang efisien serta lokasi geografis. Dan tidak selalu berarti layanan maupun produk yang lebih baik. Di sini hanya menunjukkan bahwasanya perusahaan bisa menawarkan produk dengan nilai sama namun dengan harga yang cenderung lebih rendah.

Differential advantage yaitu merupakan produk maupun layanan yang dimiliki perusahaan berbeda jika dibandingkan kompetitor sehingga akan dipandang jauh lebih unggul. Teknologi canggih, sumber daya manusia unggul, produk yang paten serta identitas merek yang kuat adalah pendorong terjadinya differential advantage.

Apple di sini terkenal karena telah menciptakan produk yang inovatif seperti iphone kemudian didukung oleh strategi marketing yang cerdas agar bisa membangun identitas perusahaan yang elit. Contoh lain yaitu sebuah perusahaan obat yang bisa memasarkan obat milik mereka dengan harga tinggi oleh karena dilindungi hak paten sehingga sifatnya eksklusif.

Cara Memiliki Competitive Advantage

penCost Leadership

Artinya di sini yaitu perusahaan memberikan nilai yang benar-benar pantas dengan harga yang sudah rendahnya pada produk yang mereka tawarkan di sini. Salah satu cara yang paling efektif yaitu dengan terus menekan biaya operasional.

Terdapat beberapa perusahaan yang di sini membayar pegawai dengan upah yang rendah tapi perusahaan memberikan tunjangan lain seperti contohnya akselerasi naik jabatan.

Diferensiasi

Diferensiasi artinya perusahaan bisa memberikan manfaat yang jauh lebih baik pada konsumen jika dibandingkan dengan kompetitor. Sebuah perusahaan bisa mencapai diferensiasi dengan cara menyediakan produk unik serta memiliki kualitas tinggi. Salah satu cara yang efektif yaitu dengan memaksimalkan strategi marketing agar bisa menjangkau pelanggan lebih banyak.

Fokus

Fokus artinya di sini para pemimpin dari perusahaan memahami serta mampu melayani pelanggan dengan lebih baik dibandingkan dengan pesaing. Kunci dari faktor tersebut yaitu memilih target pasar dengan cara spesifik. Seringkali di sini perusahaan melupakan sebagian kecil target pasar yang mereka tuju.

Competitive advantage adalah faktor penting untuk sebuah bisnis maupun startup dalam keberlangsungan serta kesuksesan jangka panjang. Melalui competitive advantage tersebut pastinya tak hanya dapat meningkatkan keuntungan atau pendapatan saja melainkan juga mampu untuk mengembangkan bisnis.