August 13, 2022

Bedaya-re.com

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Wajib Coba! Begini Cara Ajukan Kredit Mobil Baru Minim Risiko

Memiliki mobil baru memang jadi salah satu dari capaian akhir tahun bagi kebanyakan orang. Apalagi di tahun sekarang, dengan keadaan yang sudah berangsur membaik setelah pandemi Covid maka pengkreditan pun kembali bekerja. Salah satu cara membeli mobil baru adalah melalui kredit. Namun, bagaimana caranya mengajukan kredit mobil baru dengan minim risiko? Berikut ini akan dipaparkan beberapa cara yang mudah untuk Anda lakukan.

 

Tanyakan Uang Muka, Cicilan, dan Biaya Lainnya

Memahami jumlah bunga sekaligus uang muka ini sangat penting, sebab hal itu berpengaruh pada taksiran cicilan dan tenor kredit. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan biaya lainnya, seperti provisi, administrasi, dan biaya lain yang masih berkaitan.

 

Periksa Kemampuan Bayar

Hal penting selanjutnya yang tidak boleh ditinggalkan adalah memastikan kemampuan keuangan, apakah ke depannya Anda dapat menyelesaikan kewajiban kredit atau tidak. Hal ini bisa Anda lihat dari historis kredit yang sebelumnya sudah pernah Anda lakukan. Nah, selanjutnya Anda perlu kroscek data kredit, seperti domisili, pekerjaan, dan lainnya. Karena ketidakakuratan data biasanya berdampak pada persetujuan proses pengajuan kredit.

 

Mengenal Prinsip 5C

Apa itu prinsip 5C? Prinsip 5C adalah Character, Capacity, Capital, Condition, dan Collateral. Prinsip ini umumnya digunakan pada proses analisa kredit oleh lembaga keuangan saat Anda mengajukan kredit mobil baru.

Pertama, Character (kepribadian) ini proses pemeriksaan iktikad baik dalam penyelesaian cicilan. Kedua, Capacity di sini melihat kemampuan pengelolaan keuangan calon debitur. Ketiga, Capital merupakan proses pemeriksaan nilai aset yang dimiliki calon debitur.

Nah, untuk Condition merupakan faktor luar yang dapat mempengaruhi, seperti usia peminjam, kondisi ekonomi negara, dan lain sebagainya. Sedangkan Collateral adalah nilai agunan atau jaminan yang diberikan menjadi nilai ukur dalam penerimaan kredit.

 

Pintar Memilih Lembaga

Tidak sedikit lembaga penyalur kredit, namun Anda harus memastikan lembaga tersebut kredibel, terpercaya, dan memiliki reputasi yang baik. Biasanya pada lembaga bank, akan memberikan penawaran kredit dengan suku bunga rendah, tetapi prosesnya lebih lama dan persyaratannya lebih rumit.

Sedangkan pada lembaga pembiayaan atau leasing proses pengajuan kredit bisa dibilang lebih cepat dan bunganya lebih tinggi. Semua memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk itulah, SEVA hadir guna menjawab keresahan Anda dalam pengajuan kredit mobil baru dengan minim risiko.

Bersamaan dengan kemajuan teknologi yang pesat membuat SEVA mengembangkan sebuah layanan online berupa pembelian mobil yang terpercaya. Sebab, SEVA sendiri berada di bawah naungan PT Astra Group sehingga tidak diragukan lagi kredibilitas dan reputasi yang dimiliki.

SEVA juga hadir dengan berbagai fitur menarik yang dapat memudahkan proses pembelian Anda, seperti adalah informasi detail mobil baru maupun bekas, tukar tambah mobil, suku cadang, service booking, kredit mobil, promo dan cashback, serta berbagai fitur lainnya. Nah, SEVA juga mendukung layanan konsultasi finansial berupa kalkulator kredit yang berguna untuk simulasi penghitungan kredit sehingga tidak terdapat risiko di dalamnya.

Itu tadi empat cara pengajuan kredit mobil baru minim risiko yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan SEVA sebagai tempat terpercaya untuk membeli mobil idaman Anda dengan kredit. Dapatkan pula promo menarik dan cashback-nya! Segera cek di website resmi SEVA yaitu di seva.id atau langsung unduh aplikasi di PlayStore atau AppStore.