April 14, 2021

bedaya-re

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Halaman 170 & 173 Subtema 4 Pembelajaran 6 172 171 Kunci Jawaban Tema 4 Buku Tematik Kelas 3 SD

Simak kunci jawaban Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 untuk Kelas 3 SD halaman 2 3 4 5 6. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD Kelas 3 Tema 4 edisi revisi 2018 ini berjudul Kewajiban dan Hakku. Sementara untuk Subtema 1 dalam Buku Tematik ini berjudul Kewajiban dan Hakku di Rumah.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 1 di halaman 2 3 4 5 6. Kunci jawaban Tema 4 Buku Tematik Kelas 3 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak. Siti memiliki kewajiban menjaga kesehatan tubuhnya. Ia selalu makan makanan yang sehat dan bergizi. Siti berpakaian bersih dan rapi. Ia juga tinggal di rumah yang nyaman. Ayah dan ibu menyayangi Siti. Siti berhak atas itu semua.

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan. Di dalam setiap kewajiban ada hak. Hak artinya sesuatu yang harus kita terima. Mari kita pelajari kewajiban dan hak di rumah! Amati gambar berikut! Buatlah pertanyaan tentang gambar! Lakukan dengan teman di sebelahmu!

Jawab: 1. Apakah ayah dan ibu Siti sangat perhatian kepada Siti? Mengapa? 2. Bagaimana perasaan Siti ketika mengetahui ayah dan ibunya sangat perhatian kepadanya? 3. Bagaimana jika orang tua Siti tidak lagi perhatian kepada Siti? Bacalah dengan suara senyap! Kasih Sayang di Rumah

Manusia tidak bisa hidup sendiri. Sebagai manusia kita wajib saling mengasihi dan menyayangi. Menyayangi keluarga merupakan salah satu kewajiban kita. Di dalam setiap kewajiban selalu ada hak yang kita dapatkan. Kewajiban dan hak hendaknya dilaksanakan secara seimbang. Akan tetapi, masih ada orang yang tidak melaksanakan kewajibannya. Setiap orang harus melaksanakan kewajiban. Sebagai seorang anak, kamu harus menyayangi orang tuamu. Kamu juga harus berterima kasih kepada kedua orang tuamu. Kamu harus mendoakan mereka setiap hari.

Menyayangi orang tua, berterima kasih kepadanya, dan mendoakannya merupakan kewajiban setiap anak. Kamu harus bersyukur karena orang tuamu menyayangimu. Mereka juga selalu menjaga dan mendoakanmu. Jadi, setiap orang harus menjalankan kewajibannya. Laksanakanlah kewajibanmu, maka kamu akan menerima hakmu! Perhatikan teks “Kasih Sayang di Rumah”! Garis bawahilah kalimat saran yang kamu temukan! Lalu bacalah dengan nyaring! Jawab: 1. Sebagai seorang anak, kamu harus menyayangi orang tuamu. Kamu juga harus berterima kasih kepada kedua orang tuamu. Kamu harus mendoakan mereka setiap hari. 2. Jadi, setiap orang harus menjalankan kewajibannya. Laksanakanlah kewajibanmu, maka kamu akan menerima hakmu!

Bacalah hak hak yang didapat Siti pada tabel di bawah ini! Tuliskan saran yang seharusnya Siti lakukan! Jawab: 1. Mendapat kasih sayang dari ayah ibu. Saran yang menunjukkan kewajiban = Sayangilah ayah ibumu.

2. Mendapat perawatan ayah ibu. Saran yang menunjukkan kewajiban = Rawatlah ayah ibumu. 3. Mendapat waktu bermain bersama ayah ibu. Saran yang menunjukkan kewajiban = Luangkanlah dan manfaatkan waktumu sebaik mungkin untuk bersama ayah ibumu. 4. Dapat bercerita kepada ayah ibu. Saran yang menunjukkan kewajiban = Terbukalah kepada ayah ibu dan dengarkanlah keluh kesah ayah ibumu juga.

5. Mendapat perhatian ayah ibu saat belajar. Saran yang menunjukkan kewajiban = Berusahalah untuk meraih kesuksesan demi membanggakan ayah ibumu. 6. Mendapat bantuan ayah ibu saat kesulitan. Saran yang menunjukkan kewajiban = Selalu berterima kasih dan suatu saat kamulah yang akan membantu ayah ibumu. Siti mengamati kalender di rumahnya. Siti menghitung dalam satu tahun ada 365 hari. Siti menggunakan banyak waktunya belajar di sekolah. Ketika libur Siti belajar bersama kedua orang tuanya di rumah.

Berapa hari Siti belajar di sekolah? Berapa hari Siti belajar bersama orang tuanya? Amati contoh kemungkinan berikut ini! Tuliskan lima kemungkinan lain di bawah contoh! Jawab: Jumlah hari belajar = 365 Hari belajar di sekolah + Hari belajar di rumah 250 + 115 220 + 145 265 + 100 200 + 165 240 + 125

Amati kembali cerita tentang hari belajar Siti. Tentukanlah jumlah hari belajar yang berbeda! Lalu, tentukan banyak hari belajar Siti di sekolah dan di rumah! Jawab: Jumlah hari belajar = 365 Hari belajar di sekolah + Hari belajar di rumah 200 + 145 195 + 170 180 + 185 175 + 190 160 + 205 Kamu tentu sangat senang mendapatkan perhatian dari orang tua. Kamu dapat menyampaikan rasa sayangmu dengan menyanyi. Tahukah kamu lagu “Jika Ibuku Tua Nanti”?

Cipt. AT Mahmud Jika ibuku tua nanti, beruban berambut putih, akan kujaga ibuku, agar senang selalu, Jika ayahku tua nanti, berjalan bertongkat kayu, akan kutuntun selalu, kemana ayah pergi.

Orang tua menceritakan pengalaman mendapatkan kasih sayang dari ayah atau ibu. Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. 4. Tentukan jatah setiap kelas! Tentukan banyaknya bendera yang dibutuhkan!

Banyak Bendera : Jatah/Kelas = Banyak Kelas A. 360 : 30 = 12 B. 600 : 50 = 12

C. 840 : 70 = 12 D. 960 : 80 = 12 E. 1.080: 90 = 12

5. Buatlah cerita seperti di sekolah Edo! Tulis banyak kelas di sekolahmu! Tentukan jatah bendera untuk setiap kelasnya! Tentukan banyak bendera yang harus disiapkan sekolah! Siswa dapat menceritakan pengalamannya di sekolah, dipandu oleh orangtua dan guru. 6. Tentukan jatah setiap kelas! Tentukan banyaknya kelereng yang dibutuhkan!

Banyak Kelereng : Jatah/Kelas = Banyak Kelas A. 480 : 80 = 6 B. 510 : 85 = 6

C. 440 : 90 = 6 D. 570 : 95 = 6 E. 600 : 100 = 6

7. Amati teks “Bangga Menjadi Orang Indonesia”! Sebutkan masalah yang Edo hadapi! Jelaskan cara Edo menyelesaikan masalah! Sampaikan juga saran dengan bahasamu sendiri! Jelaskan kepada teman temanmu! Edo dapat menyelesaikan masalah dengan cara: Berusaha mengenal Indonesia.

Banyak membaca buku tentang Indonesia. Berwisata ke berbagai tempat. Juga mengunjungi museum.

Menggunakan barang buatan Indonesia. Sangat bangga menjadi orang Indonesia. Maak sebagai warga negara Indonesia Edo sebaiknya lebih mengenal negaranya sehingga bisa lebih mencintai negara ini.

*) Disclaimer: Kunci jawaban tersebut hanya sebagai panduan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak.