Jarang Diketahui 5 Sayur Dan Buah yang Bisa Bantu Kesehatan Gigi

Buah dan sayur yang dapat membantu kesehatan gigi memang jarang diketahui. Umumnya, menjaga kesehatan gigi dapat dilakukan dengan menyikatnya secara rutin.

Selain menyikat gigi, mengonsumsi beberapa makanan sehat juga mampu membuat kondisi gigi Anda terjaga. Makanan sehat berupa buah dan sayur dengan kandungan vitamin, antioksidan serta mineral di dalamnya otomatis akan menyehatkan gigi Anda.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menghindari makanan serta minuman tinggi gula dan mengandung kafein. Hal ini perlu dilakukan agar tidak menimbulkan plak dalam gigi yang pada nantinya akan merusak secara perlahan. Ingin tahu makanan apa saja yang menyehatkan gigi? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah buah dan sayur membantu kesehatan gigi.

Buah Beri

Buah pertama yang mampu menjaga kesehatan gigi apabila dikonsumsi adalah jenis buah-buahan beri, salah satunya seperti stroberi, blueberi, dan rasberi. Hal tersebut lantaran buah ini mengandung antioksidan antosionin yang sangat berguna untuk membantu tubuh melawan paparan radikal bebas.

Tidak hanya itu, senyawa ini juga mampu menghilangkan masalah plak sangat mengganggu yang menempel pada gigi Anda serta bakteri. Diketahui, antosianin yang terkandung dalam buah beri mampu menghambat kerusakan gigi sehingga ini sangat aman dikonsumsi guna menjaga kesehatan pada area mulut, mulai dari gigi dan juga gusi.

Jeruk

Jenis buah selanjutnya yang apabila dikonsumsi mampu menjaga kesehatan gigi Anda adalah buah jeruk. Buah ini memang diketahui memiliki banyak khasiat bagi kesehatan manusia, mulai dari menyehatkan area mulut hingga menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut lantaran jeruk memiliki kandungan vitamin C dan juga serat yang begitu kaya sehingga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

Vitamin C merupakan kandungan nutrisi yang berguna sebagai antioksidan untuk tubuh guna mencegah kerusakan gigi dan gusi dari pembakaran akibat asap rokok ataupun tembakau. Buah yang memiliki cita rasa manis sedikit asam ini juga memiliki senyawa tanin, flavonoid dan tarpenoid di dalamnya yang sangat berfungsi dalam mencegah bakteri penyebab sakit gigi.

Seledri

Selain buah, juga terdapat beberapa jenis sayur yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda. Salah satunya adalah seledri yang bahkan memiliki fungsi sebagai penyembuh jerawat di wajah Anda.

Perlu diketahui, seledri memiliki kandungan yang mampu mencegah terjadinya peradangan serta menurunkan tekanan darah hingga mencegah penyakit kanker. Batang seledri juga sangat membantu produksi air liur dalam mulut ketika dikonsumsi sehingga membuat kesehatan mulut menjadi terjaga, bahkan juga membersihkan plak yang menempel pada gigi Anda.

Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah berikutnya yang dapat menjaga kesehatan gigi dan sangat baik apabila dikonsumsi setiap hari. Kandungan kaya serat, vitamin hingga antioksidan di dalamnya sangat baik untuk kesehatan gigi Anda. Mengonsumsi apel secara rutin tidak hanya akan menyehatkan gigi saja namun juga area mulut, tubuh hingga kulit.

Hal tersebut lantaran kandungan vitamin C yang ada di dalam apel mampu membuat produksi kolagen dalam tubuh meningkat dan membuat gusi lebih kuat. Selain itu, vitamin C yang terkandung pada apel juga mampu mencegah terjadinya masalah kesehatan seperti gusi berdarah, menyembuhkan sariawan serta cegah infeksi pada gigi. Dengan mengonsumsi buah apel, maka produksi air liur yang mampu menetralkan asam dari sisa makanan menjadi meningkat dan akan membebaskan Anda dari berbagai masalah gigi.

Wortel

Selain seledri, sayuran yang mampu menjaga kesehatan gigi apabila dikonsumsi adalah wortel. Ini sangat baik untuk dikonsumsi guna menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit. Kandungan vitamin A dan C yang mengandung antioksidan dalam sebuah wortel mampu memperkuat dan menjaga kesehatan gigi Anda.

Sama seperti beberapa jenis makanan lainnya, dengan mengonsumsi wortel maka produksi air liur Anda akan meningkat. Sehingga ini akan berfungsi untuk membersihkan asam yang menempel pada gigi Anda.

Itu tadi merupakan beberapa buah dan sayur yang dapat menjaga kesehatan gigi Anda. Semoga informasi tersebut mampu membantu Anda agar selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat untuk tubuh Anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *