April 13, 2021

bedaya-re

Blog Seputar Bisnis, Gaya hidup, Wisata, Teknologi Dan Kesehatan

Joe Biden Siap-siap Lockdown Kasus Covid-19 di AS Tembus 200 Ribu dalam Sehari

Ahli epidemiologi Dr Michael Osterholm, yang telah bergabung dengan dewan penasihat Covid 19 Presiden Terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden, memperingatkan warga Amerika untuk 'bersiap siap' karena kasus virus corona (Covid 19) terus meningkat. Joe Biden dikabarkan minta dilakukan penguncian secara nasional (lockdown) untuk memerangi pandemi Covid 19. Dikutip dari Russia Today, Rabu (11/11/2020), Penasihat Biden mengatakan bulan bulan tergelap dalam sejarah Amerika akan segera datang saat kasus Covid 19 kembali meningkat.

Hal itu karena saat ini akan memasuki musim dingin, dan pandemi ini memaksa masyarakat untuk diam di rumah dan mereka akan kelelahan. Ketidakpuasan ini mempengaruhi kesediaan mereka untuk mematuhi protokol kesehatan. Faktor faktor ini, kata Osterholm, mungkin saja akan mendorong peningkatan angka kasus harian ke level tertinggi.

"Siap siap, kami akan menangani lebih dari 200.000kasus sehari, dan kami harus bersiap siap di rumah sakit," kata Osterholm, pada Senin waktu setempat. AS telah beberapa kali melampaui rekor harian selama beberapa hari terakhir, termasuk pada hari Sabtu lalu, saat mencatat 128.000 kasus baru. "Kebijakan lockdown diperlukan untuk mengarahkan tingkat infeksi ini ke tempat di mana kita benar benar dapat mengendalikannya," jelas Osterholm.

Namun ia mengakui, kepatuhan terhadap protokol kesehatan adalah kuncinya. "Jika anda mewawancarai 50 orang, anda akan mendapatkan 75 definisi tentang apa itu lockdown," tegas Osterholm. Mengutip keberhasilan China dalam menangani pandemi, Osterholm mengklaim AS selama ini gagal dalam pertempuran melawan pandemi. Perlu diketahui, AS saat ini memiliki lebih dari 10,1 juta kasus Covid 19, dan sejauh ini mencatat lebih dari 238.000 kasus kematian akibat virus tersebut.