Kelas Menengah Atas Punya Uang Ada Pandemi Covid tapi Mereka Tahan Tidak Belanja Danareksa

PT Danareksa menyatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat dipengaruhi oleh konsumsi, sehingga harus diperhatikan saat pandemi corona atau Covid 19 ini. Kepala Ekonom Moekti Prasetiani Soejachmoen mengatakan, ada tantangan untuk meningkatkan konsumsi dalam negeri karena kelas menengah ke atas menahan belanja. "Nah yang kelas menengah ke atas, mereka punya uang, tapi mereka tidak konsumsi. Ini yang jadi PR (pekerjaan rumah)" ujarnya dalam webinar, Senin (28/9/2020).

Karena itu, Moekti menilai pemerintah sekarang harus mencarai cara bagimana supaya kelas menengah ke atas ini mau konsumsi. "Kenapa kelas menengah ke atas itu tidak konsumsi atau mereka menahan uangnya dalam perbankan atau pasar modal? Gimana caranya supaya kelas menengah ke atas itu mau konsumsi?" katanya. Sementara itu, menurut dia, satu satunya cara membuat kalangan menengah atas percaya diri adalah dengan memberi kepastian bahwa kasus Covid 19 tidak naik terus.

"Faktornya adalah kepastian, mereka butuh kepastian gimana keadaan ekonomi. Kepastian itu sangat terkait sebenarnya dengan isu kesehatan, maksudnya bagaimana penanganan Covid 19 di Indonesia," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *