Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 SD Halaman 35-44 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 4

Berikut kunci jawaban buku tematik tema 6 kelas 6 halaman 21, 25, 26, dan 27 kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Buku Tematik Tema 6 kelas 6 SD edisi revisi 2018 ini berjudul Menuju Masyarakat Sejahtera. Subtema 1 dalam Buku Tematik ini berjudul Masyarakat Peduli Lingkungan.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 2 di halaman 21 sampai 28. Kunci jawaban ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri.

Setelah itu, gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Apa yang sedang dilakukan oleh Siti dan teman teman? Bagaimana caramu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah? Tuliskan jawaban pertanyaan pertanyaan tersebut pada kolom berikut. Siti, Edo, dan Dayu sedang menamam pohon.

Kepedulian terhadap lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan, menamam tumbuhan, merawat tumbuhan yang ada di sekolah. Apa judul yang tepat untuk bacaan di atas? Coba temukan kata kunci pada judul teks! Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga informasi yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Judul bacaan yakni pentingnya Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan. Kata kunci yang ditemukan yakni: Remaja peduli lingkungan

Kegiatan pecinta alam menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan. Beberapa kegiatan pecinta alam di antaranya adalah melakukan reboisasi, menciptakan tempat sampah, menanam pohon di halaman rumah, dan menghemat air. Dampak peduli lingkungan Hutan dan pinggiran jalan akan terlihat hijau dan asri penuh pepohonan, udara di lingkungan sekitar menjadi sejuk, dan mengurangi dampak pemanasan global.

Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja? Gambar ke 4 dan dan ke 5 dari kiri. Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri ciri pubertas pada anak laki laki. Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.

Badan bertambah tinggi dan besar. Otot dada dan bahu melebar. Tumbuh jakun dan suara menjadi berat.

Tumbuh kumis, jambang, janggut, rambut ketika dan disekitar kelamin. Terkadang juga tumbuh rambut di dada. Mulai berjerawat.

Mengalami mimpi basah. Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan mengenai ciri ciri pubertas pada anak perempuan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut. Ciri Fisik Pubertas pada Anak Perempuan

Badan bertambah tinggi dan besar. Pinggung melebar. Payudara mulai membesar.

Tumbuh rambut pada ketiak dan sekitar kelamin. Mulai berjerawat. Mulai menstruasi.

Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas. Subekti, Ari dkk. 2018. Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Subekti, Ari dkk. 2018. Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri. Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

1. Apakah cita cita atau impianmu? 2. Kegiatan apa saja yang kamu suka lakukan di rumah? 3. Kegiatan apa sajakah yang kamu sukai di sekolah?

4. Kegiatan apa yang menurutmu paling sulit dilakukan? 5. Jelaskan kegiatan apa saja yang dapat membantumu untuk meraih citacita! 1. Cita citaku adalah menjadi pelukis.

2. Kegiatan yang suka aku lakukan di rumah adalah menggambar dan mewarnai. 3. Kegiatan yang aku sukai di sekolah adalah menggambar, mewarnai dan membaca buku. 4. Kegiatan yang paling sulit dilakukan adalah menggambar dan mewarnai dengan rapih.

5. Kegiatan yang dapat membantuku meraih cita cita adalah terus berlatih menggambar dengan baik. Saat duduk di bangku SMA, Michael pernah gagal masuk tim basket sekolahnya. Ia dianggap tidak cukup tinggi untuk memenuhi persyaratan masuk tim kebanggaannya. Dengan usaha yang sangat keras, ia terus berlatih dan berlatih.

Pada saat menjadi pemain basket kelas dunia pun, ia banyak mengalami kegagalan. Ini pengakuannya: “Sepanjang karier saya, lebih dari 9.000 tembakan saya meleset. Saya pernah kalah dalam 300 pertandingan. Paling tidak, 26 kali saya dipercaya untuk melakukan tembakan penentu kemenangan, dan saya gagal. Saya telah berkali kali mengalami kegagalan. Tetapi karena kegagalan itulah saya berhasil.” Semasa sekolah ia pernah dikeluarkan dari sekolahnya karena dianggap tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah. Thomas kecil bermasalah dengan pendengarannya.

Ia harus berusaha lebih keras dari temantemannya yang lain dengan belajar sendiri di rumah dan membantu ibunya yang miskin. Dengan belajar sendiri di rumah, Thomas membaca banyak buku yang memacunya melakukan berbagai macam percobaan di bidang sains. Beribu kali ia gagal. Dua ribu kali ia mencoba kembali. Ia tak pernah menyerah. Kegigihannya berbuah manis, sehingga kita dapat menikmati terangnya lampu pijar ciptaannya. Dapatkah kamu bayangkan jika ia menyerah?

Thomas menceritakan rahasia keberhasilannya. “Jika saya ditanya apakah yang dapat membuat seseorang berhasil dalam hidupnya. Jawaban saya sama. Orang itu harus terus menambah kegagalannya. Jika kamu takut gagal, kamu tidak berani mencoba dan berusaha.” Jawablah pertanyaan pertanyaan berikut ini. 1. Apakah mimpi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison?

Mimpi Michael Jordan adalah menjadi pemain basket, sedangkan Thomas Alva Edision menjadi penemu lampu listrik. 2. Kegiatan apa saja yang senang dilakukan oleh keduanya? Kegiatan yang senang dilakukan oleh keduanya adalah terus belajar dan berlatih.

3. Tantangan apa saja yang dihadapi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison untuk meraih mimpinya? Tantangan yang dihadapi Michael Jordan adalah pernah gagal masuk tim basket sekolahnya. Ia dianggap tidak cukup tinggi untuk memenuhi persyaratan masuk tim kebanggaannya.

Sementara Thomas kecil bermasalah dengan pendengarannya. Ia harus berusaha lebih keras dari temantemannya yang lain dengan belajar sendiri di rumah dan membantu ibunya yang miskin. 4. Bagaimana cara mereka menghadapi kegagalannya?

Cara mereka menghadapi kegagalan adalah dengan tidak mudah menyerah untuk meraih mimpi dan terus berlatih. Bersama dengan teman sekelompokmu diskusikan beberapa pertanyaan berikut! 1. Bagaimana keragaman orang orang yang ada di sekitarmu? Adakah ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakannya?

2. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku suku yang ada di Indonesia? 3. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita? 4. Jelaskan hasil diskusimu di depan kelas!

1. Di sekitarku tidak ada keragaman orang karena semua berasal dari suku Jawa. 2. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku yang ada di Indonesia adalah bisa menambah pengetahuan. 3. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku yang ada di sekitar kita adalah kita bisa tahu dan memahami keragaman untuk menjalin hubungan sosial yang baik.

4. Hasil diskusinya adalah Indonesia dalah negara yang memiliki keragaman ras dan suku yang beragam. Adanya perbedaan tersebut jangan menghalangi kita untuk bersosial. Makna puisi bait pertama

Makna dari puisi bait pertama adalah meski berasal dari suku yang berbeda, kita semua tetap satu yaitu orang Indonesia. Makna puisi bait kedua Makna dari puisi bait kedua adalah setiap orang memiliki rasa syukur atas keberagaman yang ada.

Makna puisi bait ketiga Makna puisi bait ketiga adalah Indonesia adalah tanah air yang kaya. Makna puisi bait keempat

Makna puisi bait keempat adalah nasihat untuk rakyat Indonesia agar merawat dan mencintai Tanah Air Indonesia. Sebagian dari soal di atas merupakan pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 SD Halaman 35-44 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top