Mesir Buka Masjid buat Shalat Jumat Kasus Covid-19 Menurun

Angka kasus positif Covid 18 menurun, Mesir akan membuka masjid untuk menggelar shalat Jumat pada 28 Agustus 2020. Keputusan diambil setelah beberapa hari terakhir tidak ada laporan kasus positif virus corona. Dikutip dari Arab News, Menteri Wakaf Mesir Mohamed Mokhtar Gomaa mengatakan, ini adalah sholat Jumat pertama sejak Mesir menutup sejumlah tempat ibadah selama lima bulan untuk memutus penyebaran virus asal China iru.

Mohamed Mokhtar Gomaa mengingatkan jamaah tetap menerapkan protokol kesehatan. "Jamaah diharapkan jaga jarak dan mengenakan masker," kata dia dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Arab News, Kamis (20/8/2020). Khutbah Jumat akan dipersingkat, yang biasanya selama 1 jam, selama pandemi menjadi hanya 10 menit saja.Jamaah juga diminta menggunakan alas sholat sendiri.

Rabu kemarin (18/8) dilaporkan ada 161 kasus, di mana 13 orang meninggal dunia. Sejak Agustus, jumlah kasus baru di Mesir terus mengalami penurunan signifikan yakni kurang dari 200 kasus per hari. Hingga saat ini, total kasus terkonfirmasi corona di Mesir mencapai 97.000 kasus. Sebanyak 5.197 di antaranya meninggal dunia.

Sejak Maret lalu, Pemerintah Mesir menutup semua tempat ibadah termasuk masjid dan gereja. Akhir Juni lalu, sejumlah masjid diizinkan untuk dibuka. Namun karena warga tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan, pemerintah kembali memutuskan untuk menutup kembali masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *