Rekomendasi Makanan Utama Cegah Kanker

Kesehatan memang bisa dikatakan sebagai linvestasi di masa depan sehingga tidak ada salahnya apabila Anda memakan makanan sehat. Salah satunya Anda bisa mengonsumsi makanan utama cegah kankeruntuk pencegahan penyakit mematikan tersebut. Dengan begitu, kesehatan pun akan tetap senantiasa terjaga.

Rangkaian Makanan Utama Cegah Kanker

Banyak pendapat mengatakan bahwa sel kanker ini tumbuh akibat pola makan yang kurang tepat. Kurangnya pengetahuan mengenai makanan pencegah penyakit tersebut menjadi penyebab mengapa banyak orang harus mengidapnya bahkan masih di usia muda.

  1. Crufireous Vegetables

Kelompok sayuran ini dilansir memiliki banyak manfaat untuk mencegah penyakit ini. Pasalnya mengandung nutrisi yang mampu memerangi sekaligus mengantisipasi datangnya kanker terutama di payudara. Banyak orang telah mengonsumsinya sehari-hari sebagai pangan olahan sehat.

Kelompok crufireous vegetables ini bisa Anda jumpai dalam berbagai jenis sayuran mulai dari bok coy, kembang kol, brokoli, sawi hijau, kale, terong ungu dan lainnya. Macam-macam ini mengandung senyawa berupa gluthatione sebagai penghasil antioksidan untuk memerangi serangan radikal bebas.

  1. Minyak Ikan

Hasil olahan dari ikan ini juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif makanan karena mengandung senyawa omega 3 tinggi yang tinggi dimana tidak semua produk pangan memiliknya. Zat ini berfungsi di dalam tubuh dengan mengandalkan sifat anti inflamasinya sehingga mampu menghambat sel kanker

Minyak ikan juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi untuk membantu membunuh dan melawan sel kanker di dalam tubuh. Beberapa jenis kanker seerti payudara, prostat dan usus terbukti efektif bisa dicegah oleh konsumsi produk pangan satu ini.

  1. Ikan Salmon

Masih berasal dari laut, salmon merupakan salah satu jenis ikan yang sayangnya masih jarang dikonsumsi sebagai lauk harian. Tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, konsumsi ini juga sangat baik dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker karena adanya kandungan senyawa berupa omega-3.

Kandungan berupa omega 3 ini memiliki asam lemak yang bagus untuk melawan sel kanker, baik bagi stadium awal maupun lanjut khususnya di bagian mulut dan kulit. Tidak hanya itu saja, ikan salmon ini juga dipercaya  berfungsi menjaga keremajaan kulit dikarenakan mempunyai kolagen cukup tinggi.

  1. Teh Hijau

Perlu Anda ketahui bahwa produk minuman teh hijau ini memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi. Pasalnya jika dibandingkan dengan jenis lain seperti teh oolong dan hitam, mengalami proses fermentasi paling sederhana sehingga kandungan senyawa di dalamnya masih sangat tinggi.

Zat antioksidan yang ada di dalamnya tidak akan banyak yang keluar selama proses pemasakan. Tingginya senyawa tersebut sebagai pencegah kanker, membuat banyak orang akhirnya memilihnya untuk dijadikan sebagai minuman harian.

  1. Rempah-Rempah

Salah satu senyawa yang paling berperan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker yaitu antioksidan. Anda juga bisa menjumpainya di golongan bumbu-bumbu Indonesia dalam bentuk rempah-rempah. Salah satunya yaitu kunyit diana memiliki kandungan curcumin untuk mengurangi penyakit usus besar.

Ada banyak sekali jenis rempah-rempah yang bisa Anda temui di pasaran. Tidak hanya diolah secara langsung dengan cara menyeduhnya, sebagian orang kini telah berinovasi untuk menghasilkan produk kekinian seperti manisan kencur, permen jahe atau lainnya sehingga lebih mudah ketika dikonsumsi.

Demikian kelima makanan utama cegah kankeryang bisa Anda jadikan sebagai langkah antisipasi mencegah penyakit kronis itu datang menghampiri. Alangkah lebih baik jika mengonsumsinya secara harian atau rutin sehingga efeknya pun dapat dirasakan oleh tubuh.

Rekomendasi Makanan Utama Cegah Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top